Perbandingan Antara Teori Deskriptif dan Preskriptif dalam Pembelajaran

4
(233 votes)

Pada artikel ini, kita akan membandingkan dua jenis teori pembelajaran, yaitu teori deskriptif dan preskriptif. Kedua teori ini memiliki karakteristik yang berbeda dan dapat memberikan wawasan yang berharga dalam konteks pembelajaran. Mari kita lihat lebih dekat karakteristik-karakteristik ini. Karakteristik Pertama: Deskriptif Teori deskriptif dalam pembelajaran berfokus pada pengamatan dan analisis tentang bagaimana orang belajar. Ini melibatkan pengamatan terhadap perilaku dan proses kognitif individu dalam konteks pembelajaran. Karakteristik utama dari teori deskriptif adalah penekanan pada pengamatan dan analisis yang objektif. Dalam teori ini, peneliti berusaha untuk memahami bagaimana orang belajar melalui pengamatan dan analisis data yang dikumpulkan. Karakteristik Kedua: Preskriptif Di sisi lain, teori preskriptif dalam pembelajaran berfokus pada memberikan pedoman dan rekomendasi tentang bagaimana orang seharusnya belajar. Ini melibatkan pengembangan strategi dan metode pembelajaran yang efektif berdasarkan penelitian dan praktik terbaik. Karakteristik utama dari teori preskriptif adalah penekanan pada memberikan pedoman dan rekomendasi yang dapat diterapkan dalam konteks pembelajaran. Dalam teori ini, peneliti berusaha untuk mengidentifikasi strategi dan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Singkatnya, teori deskriptif berfokus pada pengamatan dan analisis tentang bagaimana orang belajar, sedangkan teori preskriptif berfokus pada memberikan pedoman dan rekomendasi tentang bagaimana orang seharusnya belajar. Kedua teori ini memiliki nilai yang berbeda dalam konteks pembelajaran dan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi para pendidik dan praktisi pembelajaran. Dalam artikel ini, kita telah melihat karakteristik-karakteristik utama dari teori deskriptif dan preskriptif dalam pembelajaran. Meskipun keduanya memiliki pendekatan yang berbeda, keduanya memiliki nilai yang penting dalam memahami dan meningkatkan pembelajaran. Dengan memahami perbedaan antara kedua teori ini, kita dapat mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.