Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Interaksi Sosial Siswa saat KBM Moving Class di SMAN 1 Cikalongwetan
<br/ > <br/ >Pengenalan <br/ >Dalam era digital saat ini, penggunaan smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hal ini juga berdampak pada interaksi sosial siswa saat KBM Moving Class di SMAN 1 Cikalongwetan. Artikel ini akan membahas pengaruh penggunaan smartphone terhadap interaksi sosial siswa dan bagaimana hal ini dapat mempengaruhi proses pembelajaran. <br/ > <br/ >Pengaruh Negatif <br/ >Pertama-tama, penggunaan smartphone dapat mengurangi interaksi sosial siswa. Ketika siswa terlalu fokus pada layar smartphone mereka, mereka cenderung mengabaikan interaksi dengan teman sekelas. Mereka mungkin lebih memilih untuk mengobrol melalui pesan teks atau media sosial daripada berbicara langsung dengan teman-teman mereka. Hal ini dapat mengurangi kemampuan siswa untuk berkomunikasi secara efektif dan membangun hubungan sosial yang sehat. <br/ > <br/ >Selain itu, penggunaan smartphone juga dapat mengganggu perhatian siswa selama KBM Moving Class. Ketika siswa terus-menerus tergoda oleh notifikasi dan aplikasi di smartphone mereka, mereka mungkin tidak dapat sepenuhnya fokus pada pembelajaran yang sedang berlangsung. Hal ini dapat mengurangi efektivitas KBM Moving Class dan menghambat kemampuan siswa untuk memahami materi pelajaran dengan baik. <br/ > <br/ >Pengaruh Positif <br/ >Namun, tidak semua pengaruh penggunaan smartphone terhadap interaksi sosial siswa negatif. Smartphone juga dapat menjadi alat yang berguna untuk meningkatkan interaksi sosial siswa. Misalnya, siswa dapat menggunakan smartphone mereka untuk berkomunikasi dengan teman sekelas melalui grup diskusi online. Ini dapat memfasilitasi kolaborasi dan pertukaran ide antara siswa, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang materi pelajaran. <br/ > <br/ >Selain itu, penggunaan smartphone juga dapat memperluas jaringan sosial siswa. Melalui media sosial, siswa dapat terhubung dengan teman-teman dari sekolah lain atau bahkan dari negara lain. Ini dapat membuka peluang untuk pertukaran budaya dan pemahaman yang lebih luas tentang dunia di sekitar mereka. <br/ > <br/ >Kesimpulan <br/ >Dalam kesimpulan, penggunaan smartphone memiliki pengaruh yang kompleks terhadap interaksi sosial siswa saat KBM Moving Class di SMAN 1 Cikalongwetan. Meskipun ada pengaruh negatif seperti pengurangan interaksi sosial dan gangguan perhatian, ada juga pengaruh positif seperti kolaborasi online dan perluasan jaringan sosial. Penting bagi siswa untuk menggunakan smartphone dengan bijak dan seimbang agar dapat memanfaatkannya secara positif dalam proses pembelajaran dan interaksi sosial mereka.