Aliran-aliran Filsafat dalam Pendidikan

4
(236 votes)

Pendahuluan: Filsafat pendidikan adalah cabang filsafat yang mempelajari tujuan, arti, dan nilai-nilai pendidikan. Dalam pendidikan, terdapat berbagai aliran filsafat yang mempengaruhi cara pandang dan pendekatan dalam proses pembelajaran. Bagian: ① Aliran Idealisme: Aliran ini menekankan pentingnya ide dan nilai-nilai universal dalam pendidikan. Pendidikan dianggap sebagai proses untuk mengembangkan potensi manusia dan mencapai kebenaran mutlak. ② Aliran Realisme: Aliran ini menekankan pentingnya pengalaman nyata dalam pendidikan. Pendidikan dianggap sebagai proses untuk memahami dunia nyata dan mengembangkan keterampilan praktis. ③ Aliran Materialisme: Aliran ini menekankan pentingnya faktor materi dalam pendidikan. Pendidikan dianggap sebagai proses untuk mempersiapkan siswa menjadi anggota produktif masyarakat. ④ Aliran Pragmatisme: Aliran ini menekankan pentingnya pengalaman praktis dan pemecahan masalah dalam pendidikan. Pendidikan dianggap sebagai proses untuk mengembangkan keterampilan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. ⑤ Aliran Eksistensialisme: Aliran ini menekankan pentingnya pengalaman individu dan kebebasan dalam pendidikan. Pendidikan dianggap sebagai proses untuk mengembangkan identitas dan makna hidup. ⑥ Aliran Progresivisme: Aliran ini menekankan pentingnya pendekatan yang progresif dan berpusat pada siswa dalam pendidikan. Pendidikan dianggap sebagai proses untuk mengembangkan keterampilan kritis dan kreatif. ⑦ Aliran Perenialisme: Aliran ini menekankan pentingnya pengetahuan yang abadi dan universal dalam pendidikan. Pendidikan dianggap sebagai proses untuk memahami nilai-nilai yang tetap dan prinsip-prinsip dasar. ⑧ Aliran Esensialisme: Aliran ini menekankan pentingnya pengetahuan inti dan keterampilan dasar dalam pendidikan. Pendidikan dianggap sebagai proses untuk mengembangkan landasan yang kuat bagi siswa. ⑨ Aliran Rekonstruksionalisme: Aliran ini menekankan pentingnya perubahan sosial dan transformasi dalam pendidikan. Pendidikan dianggap sebagai proses untuk mengubah struktur dan sistem yang ada. Kesimpulan: Aliran-aliran filsafat dalam pendidikan memberikan pandangan yang berbeda dalam memahami tujuan dan pendekatan dalam proses pembelajaran. Setiap aliran memiliki nilai dan keunikan tersendiri yang dapat mempengaruhi pengembangan pendidikan.