**Problematika Membaca Al-Qur'an Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Semester 5 di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua: Sebuah Studi Kualitatif** ##
1. Pendahuluan * Latar Belakang: * Menjelaskan pentingnya membaca Al-Qur'an bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam. * Menyebutkan potensi problematika yang dihadapi mahasiswa dalam membaca Al-Qur'an, seperti kesulitan memahami makna, kurangnya motivasi, dan kurangnya bimbingan. * Menjelaskan relevansi penelitian ini dengan kebutuhan mahasiswa Pendidikan Agama Islam di IAIN Fattahul Muluk Papua. * Rumusan Masalah: * Apa saja problematika yang dihadapi mahasiswa Pendidikan Agama Islam semester 5 dalam membaca Al-Qur'an di IAIN Fattahul Muluk Papua? * Bagaimana upaya mahasiswa Pendidikan Agama Islam semester 5 dalam mengatasi problematika membaca Al-Qur'an? * Tujuan Penelitian: * Mendeskripsikan problematika yang dihadapi mahasiswa Pendidikan Agama Islam semester 5 dalam membaca Al-Qur'an di IAIN Fattahul Muluk Papua. * Menganalisis upaya mahasiswa Pendidikan Agama Islam semester 5 dalam mengatasi problematika membaca Al-Qur'an. * Manfaat Penelitian: * Memberikan informasi dan pemahaman tentang problematika membaca Al-Qur'an bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam. * Memberikan rekomendasi solusi untuk mengatasi problematika membaca Al-Qur'an bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam. 2. Metode Penelitian * Pendekatan: Kualitatif * Desain Penelitian: Studi kasus * Sumber Data: * Data primer: Wawancara dengan mahasiswa Pendidikan Agama Islam semester 5 di IAIN Fattahul Muluk Papua. * Data sekunder: Dokumentasi terkait program pembelajaran Al-Qur'an di IAIN Fattahul Muluk Papua. * Teknik Pengumpulan Data: * Wawancara mendalam * Dokumentasi * Teknik Analisis Data: * Reduksi data * Penyajian data * Penarikan kesimpulan 3. Pembahasan * Hasil Penelitian: * Menyajikan hasil analisis data yang diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. * Mendeskripsikan problematika yang dihadapi mahasiswa Pendidikan Agama Islam semester 5 dalam membaca Al-Qur'an, seperti kesulitan memahami makna, kurangnya motivasi, dan kurangnya bimbingan. * Menganalisis upaya mahasiswa Pendidikan Agama Islam semester 5 dalam mengatasi problematika membaca Al-Qur'an, seperti mengikuti program bimbingan, belajar bersama teman, dan memanfaatkan sumber belajar online. * Diskusi: * Membahas hasil penelitian dengan menghubungkannya dengan teori dan penelitian terdahulu. * Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan problematika membaca Al-Qur'an. * Menjelaskan efektivitas upaya mahasiswa dalam mengatasi problematika membaca Al-Qur'an. 4. Kesimpulan dan Saran * Kesimpulan: * Merangkum hasil penelitian tentang problematika membaca Al-Qur'an mahasiswa Pendidikan Agama Islam semester 5 di IAIN Fattahul Muluk Papua. * Saran: * Memberikan rekomendasi solusi untuk mengatasi problematika membaca Al-Qur'an bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam, seperti meningkatkan program bimbingan, menyediakan sumber belajar yang lebih lengkap, dan mendorong mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan keagamaan. 5. Daftar Pustaka 6. Lampiran * Surat Izin Penelitian * Pedoman Wawancara * Transkip Wawancara Catatan: * Isi dari setiap bagian dapat dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan dan fokus penelitian. * Pastikan untuk menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah. * Hindari penggunaan bahasa yang terlalu formal atau terlalu informal. * Pastikan semua informasi yang disajikan akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Semoga informasi ini bermanfaat!