Pertanyaan
3 Perhatikan contoh penataan konten atau materi IPA kelas 6 SD benkut: Pokok bahasan MAGNET Bahasan 1. Cara membuat magnetberdasarkan sifat kemagnetannya 2. Kegunaan magnet dalam kehidupan 3. Sifat-sifat magnet Pertanyaan Berdasarkan paparan contoh penataan bahasan/materi di atas, berpijak pada kniteria penataan materi scope dan seguence bagaimanakah penataan materi tersebut untuk siswa tingkat Sekolah Dasar? Jelaskan
Solusi
Jawaban
Penataan materi tentang magnet untuk siswa tingkat Sekolah Dasar dapat dilakukan dengan mengikuti urutan berikut:1. Sifat-sifat magnet: Siswa perlu memahami sifat-sifat dasar magnet, seperti kutub utara dan selatan, serta bagaimana magnet dapat menarik benda-benda tertentu.2. Cara membuat magnet berdasarkan sifat kemagnetannya: Setelah memahami sifat-sifat magnet, siswa dapat belajar tentang cara membuat magnet dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti besi, nikel, atau baja.3. Kegunaan magnet dalam kehidupan: Setelah memahami dasar-dasar tentang magnet, siswa dapat belajar tentang kegunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam perangkat elektronik, alat-alat rumah tangga, dan lain-lain.Dengan mengikuti urutan ini, siswa dapat memahami konsep-konsep dasar tentang magnet secara bertahap, mulai dari sifat-sifat magnet, cara membuat magnet, hingga kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Penjelasan
Penataan materi berdasarkan scope dan sequence adalah metode yang digunakan untuk mengatur materi pembelajaran berdasarkan tingkat kesulitan dan urutan pembelajaran. Dalam hal ini, materi tentang magnet dapat diatur dengan mempertimbangkan tingkat pemahaman siswa Sekolah Dasar.