Pertanyaan

semission A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a b. C. alaud pada jawaban yang benar! 1. Berikut ini yang termasuk struktur data linear adalah __ a. Pohon b. Stack C. Queue d. Graph 2. Langkah yang membantu menjoga keandalan perangkat komputer dan mengidentifikasi tanda tanda kerusakan atau keausan adalah __ a. mengabaikan kondisi fisik perangkat koras b. menggunakan peralatan penyalur daya yang buruk C. tidak melakukan backup data d. memeriksa kondisi fisik perangkat keras secara berkala 3. Berikut ini yang bukan termasuk langkah- langkah dalam morancang algoritma adalah __ a. monganalisis masalah b. merancang solusi bahasa pemrograman C. monorlemahkan algoritma ko dalam d. menulis kode program 4. Porbodaan utama antara vlog dan blog adalah __ a. vlog menggunakan video, sodangkan blog menggunakan teks b. vlog lebih panjang daripada blog C. vlog lebih personal blog d. vlog lobih mudah dibuat daripada blog 5. Struktur data "Spanning Tree" dalam graph berguna untuk __ a. menemukan jalur terpendek b keterhubungan graph c berdasarkan nilai d. menyusun data dalam bentuk antrian mengevaluan 6. Literasi numerik dalam pemrograman melibatkan pemahaman dan keterampilan dalam penggunaan __ a. angka dan simbol b. blok-blok visual C. konversi sistem bilangan d. antarmuka teks 7 Bilongan yang menggunakan hasis B disebut __ bilangan hokedesimal b. bilangan desimal 6. bilangan oktal d bilangan biner B Robot adalah entitas yang dapot diatur untuk dikendalik an oleh __ melakukan togas togas tertenti dan sering a. program komputer b. manusia secara langsung C. sistom bilangan d blok-blok visual Ozobot adalah jonis robot ministur yang dirancang untuk __ a. p emrograman konvensional b. penggunaan profesional C. pengombangan ketorampilan pemrog raman pada anak-anak d. doteksi kesalahan dalam data 10. Pada katogori robot polayan, ozobot lebih dikena __ a. robot industri b. robot kolaboratif C. robot pembersih d robot pendidikan 11. Cara menggunakan Ozobol melibatkan __ a. ponggunaan untuk bedah pengawasan b. penggunaan ditiku prosedur berik dan C. program dan inferaksi melalui coding warna d. penggunaan untuk penjelajahan luar angkasa 12. Seseorang yang bertanggung jawab dalam menulis kode program untuk sebuah aplikasi atau sistom disebut dengan __ a. analis b. programmer c youtuber d. gammer 13. Manfaat belajar algoritma dalam pemrograman adalah __ a. meningkatkan efisiensi program b. moningkatkan kinerja program C. menghasilkan program yang lebih cepat

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.4 (282 Suara)
Gauravdeep master ยท Tutor selama 5 tahun

Jawaban

1. Berikut ini yang termasuk struktur data linear adalah __ - **b. Stack** - **c. Queue**2. Langkah yang membantu menjaga keandalan perangkat komputer dan mengidentifikasi tanda-tanda kerusakan atau keausan adalah __ - **d. memeriksa kondisi fisik perangkat keras secara berkala**3. Berikut ini yang bukan termasuk langkah-langkah dalam merancang algoritma adalah __ - **c. menerjemahkan algoritma ke dalam bahasa pemrograman**4. Perbedaan utama antara vlog dan blog adalah __ - **a. vlog menggunakan video, sedangkan blog menggunakan teks**5. Struktur data "Spanning Tree" dalam graph berguna untuk __ - **a. menemukan jalur terpendek**6. Literasi numerik dalam pemrograman melibatkan pemahaman dan keterampilan dalam penggunaan __ - **a. angka dan simbol**7. Bilangan yang menggunakan basis 8 disebut __ - **c. bilangan oktal**8. Robot adalah entitas yang dapat diatur untuk melakukan tugas-tugas tertentu dan sering dikendalikan oleh __ - **a. program komputer**9. Ozobot adalah jenis robot miniatur yang dirancang untuk __ - **c. pengembangan keterampilan pemrograman pada anak-anak**10. Pada kategori robot pelayan, ozobot lebih dikenal sebagai __ - **c. robot pembersih**11. Cara menggunakan Ozobot melibatkan __ - **c. program dan interaksi melalui coding warna**12. Seseorang yang bertanggung jawab dalam menulis kode program untuk sebuah aplikasi atau sistem disebut dengan __ - **b. programmer**13. Manfaat belajar algoritma dalam pemrograman adalah __ - **a. meningkatkan efisiensi program** - **b. meningkatkan kinerja program** - **c. menghasilkan program yang lebih cepat**