Pertanyaan

2 Jelaskan menurul pendapat anda tenting Model Pembelajaran PAKEM dan berikan 1 contoh nyata yang dapat dilakukan d lingkungan sekolah

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.7 (266 Suara)
Nishank master ยท Tutor selama 5 tahun

Jawaban

Model Pembelajaran PAKEM adalah model yang mendorong keaktifan, kreativitas siswa dalam suatu proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sesuai dengan minat dan bakat mereka. Guru berperan sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran ini. Contoh konkrit penerapannya adalah melalui pembelajaran tematik dengan menggunakan permainan atau penekanan pada penggunaan teknologi di lingkungan sekolah. Selain itu, melibatkan siswa secara aktif dalam diskusi dan berbagai kegiatan belajar juga bagian dari pelaksanaan model PAKEM.

Penjelasan

Model Pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) merupakan suatu model pembelajaran yang berfokus pada pengembangan kemampuan siswa secara aktif, kreatif, dan menyenangkan. Tujuan utama dari model ini adalah agar siswa dapat menjadi peserta didik yang aktif dalam proses belajar-mengajar di sekolah.Model ini memandang setiap siswa sebagai individu yang unik dan berharga. Sebagai pendidik, kita dapat menerapkan pendekatan ini dengan memberikan kesempatan bagi siswa untuk ikut berinteraksi dalam setiap topik pembelajaran dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk mampu mengemukakan pendapat dan berargumen terhadap berbagai isu atau topik pembelajran. Selain itu, pembelajaran dilakukan melalui pendekatan kreatif dan inovatif yang melibatkan berbagai aktivitas yang jauh dari metode tradisional.Contoh penerapan model ini bisa dalam melakukan pembelajaran tematik integratif bagi siswa di sekolah dasar. Dengan pendekatan yang menyenangkan namun tetap kreatif, siswa cenderung lebih tertarik untuk mengikuti pelajaran dan lebih mudah memahami materi yang diberikan. Misalnya, penggunaan permainan dalam pembelajaran dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. seperti mengubah konsep matematika yang rumit menjadi sebuah permainan menarik dan menyenangkan, atau menerapkan pembelajaran dengan teknologi dalam membantu siswa memahami pelajaran.