Pertanyaan

No. Cermati Narasi Berikut! Pak Ahmad guru kelas V akan merancang pembelajaran materi IPA KD 3.menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan, dengan mempertimbangkan teori belajar yang berhubungan dengan pembelajaran IPA Dalam pemikiran pak Ahmad pembelajaran akan sebagai berikut. Pada bagian pendahuluan guru melakukan apersepsi dengan menunjukkan lampu senter yang dinyalakan dan dimatikan berulang dan tanya jawab mengenai hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas siswa berhubungan dengan penggunaan lampu senter dan cahaya. Pada kegiatan inti . guru membelajarkan siswa dengan memberikan kesempatan siswa untuk mencari tahu dalam serangkaian kegiatan yang terstruktur, dan memberikan kuis dalam bentuk permainan. Pada kegiatan penutup diisi dengan kegiatan menyimpulkan bersama materi yang telah dipelajari dan memberikan penguatan. a. Metode apa yang paling tepat untuk pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat dicapai? b. Tuliskan 4 alasan guru memilih metode tersebut! c. Buatlah skenario pembelajaran tentang bumi dan alam semesta dengan menggunakan metode yg telah dipilih! Soal

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.4 (306 Suara)
Aparna master ยท Tutor selama 5 tahun

Jawaban

## Analisis Pembelajaran Pak AhmadBerdasarkan narasi yang diberikan, Pak Ahmad menerapkan pendekatan **pembelajaran berbasis penyelidikan (inquiry-based learning)**. Berikut alasannya:**a. Metode yang Tepat:** Pembelajaran berbasis penyelidikan (inquiry-based learning)**b. Alasan Pemilihan Metode:**1. **Meningkatkan Keterlibatan Siswa:** Metode ini mendorong siswa untuk aktif mencari tahu dan menemukan sendiri jawaban atas pertanyaan yang diajukan. Hal ini membuat siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan lebih mudah mengingat materi.2. **Membangun Pemahaman Konseptual:** Siswa diajak untuk berpikir kritis dan menganalisis data yang mereka kumpulkan, sehingga membantu mereka membangun pemahaman konseptual yang lebih mendalam tentang materi.3. **Mengembangkan Keterampilan Proses Sains:** Metode ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempraktikkan keterampilan proses sains seperti mengamati, mengukur, menafsirkan data, dan menarik kesimpulan.4. **Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu:** Dengan memberikan kesempatan untuk mencari tahu, metode ini dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dan minat siswa terhadap materi IPA.**c. Skenario Pembelajaran Bumi dan Alam Semesta:****Judul:** Menjelajahi Alam Semesta: Perjalanan dari Bumi ke Bintang**Tujuan Pembelajaran:*** Siswa dapat menjelaskan posisi bumi dalam tata surya.* Siswa dapat menyebutkan beberapa benda langit di alam semesta.* Siswa dapat menjelaskan perbedaan antara planet, bintang, dan meteor.**Langkah-langkah Pembelajaran:****Pendahuluan (15 menit):**1. **Apersepsi:** Guru menunjukkan gambar bumi dan bintang. Guru bertanya kepada siswa tentang apa yang mereka ketahui tentang bumi dan bintang.2. **Motivasi:** Guru menceritakan kisah tentang seorang astronot yang menjelajahi alam semesta. Guru bertanya kepada siswa apa yang ingin mereka ketahui tentang alam semesta.**Kegiatan Inti (45 menit):**1. **Penyelidikan:** Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diberikan tugas untuk mencari informasi tentang salah satu topik berikut: * Posisi bumi dalam tata surya. * Benda langit di alam semesta (planet, bintang, meteor). * Perbedaan antara planet, bintang, dan meteor.2. **Sumber Informasi:** Siswa dapat menggunakan buku, internet, atau sumber informasi lainnya untuk mencari informasi.3. **Presentasi:** Setiap kelompok mempresentasikan hasil penyelidikan mereka di depan kelas.4. **Diskusi:** Guru dan siswa berdiskusi tentang hasil penyelidikan dan menjawab pertanyaan yang muncul.**Penutup (10 menit):**1. **Kesimpulan:** Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.2. **Penguatan:** Guru memberikan penguatan dan motivasi kepada siswa untuk terus belajar tentang alam semesta.**Evaluasi:*** Guru mengamati partisipasi siswa dalam kegiatan penyelidikan dan presentasi.* Guru memberikan kuis singkat tentang materi yang telah dipelajari.**Catatan:*** Skenario ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.* Guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran seperti video, gambar, dan model untuk memperjelas materi.* Guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksperimen sederhana yang berkaitan dengan materi.Semoga skenario ini bermanfaat untuk Pak Ahmad dalam merancang pembelajaran materi IPA tentang bumi dan alam semesta.