Pertanyaan
10. Pak Amir mengajar SMA sebagai guru Selelah beberapa tahun, ia kini menjabal sebagai wakil kepala sekolah bidang Kasus ini merupakan contoh mobilitas sosial __ A. Ho rizontal C Vertikal naik B. Antargenerasi D. Vertikal turun 11. Faktor pendorong bagi kelompok masyarakat tidak mampu untuk melakukan mobilitas sosial adalah __ A. Status social C. Pendidikan rendah B. Keadaan ekonomi D. Situasi politik 12. Di bawah ini yang bukan cara untuk memingkatkan integrasi sosial yang baik, adalah __ A. Mematuhi norma-norma yang berlaku B. Menyesuaikan gaya hidup hedonis C. Berpegang teguh pada nilai-nilai sosial D. Ikut kegiatan sosial masyarákat 13. Keberagamán suku bangsa dan budaya di Indonesia memiliki dampak positif kecuali __ A. Potensi dalam bidang pariwisata B. Bangsa menjadi lebih luwes C. Objek kajian budaya internasional D. Kegagalan komunikasi bahasa 14. Yang bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah sekitar adalah __ A. Mendokumentasikan pagelaran budaya daerah B. Mempelajari seni bela dn karate C. Mempelajari lagu daerah D. Mengarang lagu bahasa daerah
Solusi
Jawaban
10. C. Vertikal naik11. B. Keadaan ekonomi12. B. Menyesuaikan gaya hidup hedonis13. D. Kegagalan komunikasi bahasa14. B. Mempelajari seni bela diri karate
Penjelasan
10. Mobilitas sosial vertikal naik adalah perpindahan posisi seseorang dari tingkat sosial yang rendah ke tingkat sosial yang lebih tinggi. Dalam kasus ini, Pak Amir bergerak dari posisi guru ke posisi wakil kepala sekolah, yang merupakan peningkatan status sosial.11. Keadaan ekonomi adalah faktor pendorong utama bagi kelompok masyarakat tidak mampu untuk melakukan mobilitas sosial. Mereka berusaha meningkatkan kondisi ekonomi mereka untuk meningkatkan status sosial mereka.12. Menyesuaikan gaya hidup hedonis bukanlah cara untuk meningkatkan integrasi sosial yang baik. Gaya hidup hedonis cenderung individualistik dan tidak memperhatikan kebutuhan dan kepentingan masyarakat secara keseluruhan.13. Kegagalan komunikasi bahasa bukanlah dampak positif dari keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Sebaliknya, ini bisa menjadi hambatan dalam komunikasi dan interaksi sosial.14. Mempelajari seni bela diri karate bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah sekitar. Karate berasal dari Jepang, bukan Indonesia.