Pertanyaan
Seorang guru akan mengajarkar Kompetensi Dasar (KD)aspek pengetahuan berikut dalam pembelajaran. ''3.1 ciri-ciri berbagai bentuk bangun ruang" Pertanyaan a. Sebutkan 3 kriteria rumusan indikato pencapaian kompetens kunci/pokok yang tepat! b. Sebutkan 2 rumusan indikator pencapaian kompetensi kunci/pokok untuk KD di atas!
Solusi
Jawaban
a. 1. Relevansi dengan kompetensi dasar. 2. Spesifik dan terukur. 3. Mampu menggambarkan tingkat pencapaian.b. 1. Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri bangun ruang berbentuk kubus. 2. Siswa dapat mengidentifikasi dan menjelaskan ciri-ciri bangun ruang lainnya seperti balok, tabung, dan piramid.
Penjelasan
a. Kriteria rumusan indikator pencapaian kompetensi kunci/pokok yang tepat meliputi:1. Relevansi dengan kompetensi dasar: Indikator harus relevan dan sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin diukur.2. Spesifik dan terukur: Indikator harus jelas, spesifik, dan dapat diukur secara objektif.3. Mampu mengg tingkat pencapaian: Indikator harus mampu menggambarkan tingkat pencapaian siswa terhadap kompetensi dasar.b. Rumusan indikator pencapaian kompetensi kunci/pokok untuk KD "3.1 ciri-ciri berbagai bentuk bangun ruang" meliputi:1. Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri bangun ruang berbentuk kubus, seperti memiliki 6 sisi yang sama besar, 12 rusuk, dan 8 titik sudut.2. Siswa dapat mengidentifikasi dan menjelaskan ciri-ciri bangun ruang lainnya seperti balok, tabung, dan piramid, seperti balok memiliki 6 sisi dengan 3 pasang sisi yang sama besar, 12 rusik sudut; tabung memiliki 2 sisi lingkaran yang sama besar dan 1 sisi persegi panjang; piramid memiliki 1 alas berbentuk segitiga dan 3 sisi tegak.