Pertanyaan
dan syamt-symmitnya! Selarjutnya, eraluasilah kasus berikut: Apakah ayat mengenai perubahan arah kiblat (QS Al-Baquarah: 144) termasuk contoh nasikh yang memenuhi kriteria tersebut? Jelaskan secara kritis.
Solusi
Jawaban
yat perubahan kiblat (QS Al-Baqarah: 144) seringkali dibahas dalam konteks nasikh-mansukh (nasikh: ayat yang menghapus; mansukh: ayat yang dihapus). Namun, apakah ayat ini benar-benar memenuhi kriteria nasikh yang diakui secara umum dalam ilmu ushul fiqh, perlu dikaji secara kritis.**Kriteria Nasikh yang Umum Diterima:**Para ulama ushul fiqh umumnya menyepakati beberapa kriteria agar suatu ayat dianggap sebagai nasikh:1. **Adanya pertentangan (ta'arudh):** Harus ada pertentangan yang jelas antara dua ayat atau lebih. Pertentangan ini bisa berupa perbedaan hukum, perintah, atau larangan.2. **Kedudukan ayat yang lebih akhir (akhir zaman):** Ayat yang dianggap nasikh harus diturunkan setelah ayat yang dimansukh. Ini didasarkan pada prinsip bahwa wahyu Allah bersifat bertahap dan perkembangan.3. **Kejelasan dan kepastian (nash):** Teks ayat yang dianggap nasikh harus jelas dan tidak ambigu, sehingga tidak menimbulkan keraguan dalam penafsiran.4. **Kesesuaian dengan konteks (sabab an-nuzul):** Memahami sebab turunnya ayat (sabab an-nuzul) sangat penting untuk menentukan apakah ayat tersebut memang dimaksudkan untuk menghapus ayat sebelumnya.**Analisis Ayat Al-Baqarah 144:**Ayat Al-Baqarah 144 berbunyi (terjemahan bebas): "...Kemudian Kami telah menetapkan bagi kamu kiblat yang kamu sukai (Baitul Maqdis), agar kamu mengetahui orang yang mengikuti kamu dan orang yang membelakangi kamu..." Ayat ini menunjukkan perubahan kiblat dari Baitul Maqdis ke Ka'bah.**Apakah Ayat Ini Memenuhi Kriteria Nasikh?**Perlu dipertimbangkan beberapa poin:* **Pertentangan (ta'arudh):** Ada pertentangan antara ayat yang memerintahkan kiblat ke Baitul Maqdis (sebelumnya) dan ayat yang memerintahkan kiblat ke Ka'bah (QS Al-Baqarah 144). Ini memenuhi kriteria pertama.* **Kedudukan ayat yang lebih akhir (akhir zaman):** Ayat Al-Baqarah 144 diturunkan setelah ayat yang memerintahkan kiblat ke Baitul Maqdis. Ini juga memenuhi kriteria kedua.* **Kejelasan dan kepastian (nash):** Ayat ini cukup jelas dalam memerintahkan perubahan kiblat. Ini memenuhi kriteria ketiga.* **Kesesuaian dengan konteks (sabab an-nuzul):** Sebab turunnya ayat ini terkait dengan strategi dakwah dan pembeda antara kaum muslimin dan Yahudi. Ini mendukung argumen bahwa ayat ini memang dimaksudkan sebagai perubahan hukum.**Kesimpulan:**Berdasarkan analisis di atas, ayat Al-Baqarah 144 dapat dianggap sebagai contoh nasikh yang memenuhi kriteria umum yang diterima dalam ilmu ushul fiqh. Perubahan kiblat merupakan perubahan hukum yang sah dan dibenarkan berdasarkan ayat ini. Namun, penting untuk diingat bahwa pemahaman tentang nasikh-mansukh tetap memerlukan kajian mendalam dan kehati-hatian, serta mempertimbangkan pendapat para ulama tafsir dan ushul fiqh. Tidak semua perbedaan pendapat dalam penafsiran ayat harus langsung diartikan sebagai nasikh-mansukh.