Pertanyaan

pembelej aran dalam kurikulum IP 'S apa saja yang terkait dengan permasalahan krisis energi dan energi baru dan terbarukan tersebut! b . analisislah manfaat apa saja yang akan didapatka in oleh siswa baik dari aspek pengetar luan, sikap dan keterampilan! C . analisislah metode apa yang akan saudara gaunakan dalam membelajar kan siswa

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.1 (318 Suara)
Charan elit ยท Tutor selama 8 tahun

Jawaban

## Pembelajaran dalam Kurikulum IPAS yang Terkait dengan Krisis Energi dan Energi Baru Terbarukan**a. Pembelajaran dalam Kurikulum IPAS yang Terkait dengan Krisis Energi dan Energi Baru Terbarukan:*** **Ilmu Pengetahuan Alam (IPA):** * **Fisika:** Konsep energi, sumber energi, efisiensi energi, energi kinetik, energi potensial, energi panas, energi listrik, energi nuklir, energi matahari, energi angin, energi air, energi biomassa, energi geothermal. * **Kimia:** Reaksi kimia dalam pembangkitan energi, proses pembakaran, reaksi kimia dalam sel surya, proses elektrokimia dalam baterai, kimia bahan bakar fosil, kimia bahan bakar alternatif. * **Biologi:** Fotosintesis sebagai sumber energi utama, biofuel, bioenergi, ekologi energi, dampak energi terhadap lingkungan.* **Teknologi:** * **Teknologi Energi:** Teknologi pembangkitan energi, teknologi penyimpanan energi, teknologi pemanfaatan energi, teknologi energi terbarukan. * **Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK):** Pemanfaatan TIK untuk mengakses informasi tentang energi, menganalisis data energi, dan menyebarkan informasi tentang energi.* **Sosial dan Budaya:** * **Ekonomi:** Dampak krisis energi terhadap ekonomi, kebijakan energi, ekonomi energi terbarukan. * **Geografi:** Distribusi sumber energi, dampak energi terhadap lingkungan, kebijakan energi global. * **Sejarah:** Sejarah perkembangan energi, sejarah krisis energi, sejarah energi terbarukan.**b. Manfaat bagi Siswa:*** **Pengetahuan:** Siswa akan memahami konsep energi, sumber energi, krisis energi, energi baru dan terbarukan, serta dampaknya terhadap lingkungan dan kehidupan manusia.* **Sikap:** Siswa akan memiliki sikap peduli terhadap lingkungan, hemat energi, dan mendukung penggunaan energi terbarukan.* **Keterampilan:** Siswa akan memiliki keterampilan dalam menganalisis data energi, memecahkan masalah terkait energi, dan mengomunikasikan informasi tentang energi.**c. Metode Pembelajaran:*** **Pembelajaran berbasis proyek:** Siswa dapat mengerjakan proyek penelitian tentang energi terbarukan, membangun model pembangkit listrik tenaga surya, atau membuat kampanye hemat energi.* **Pembelajaran berbasis masalah:** Siswa dapat memecahkan masalah terkait krisis energi, seperti mencari solusi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca atau meningkatkan efisiensi energi.* **Pembelajaran berbasis inkuiri:** Siswa dapat melakukan eksperimen untuk mempelajari konsep energi, seperti mengukur efisiensi energi lampu LED atau membuat sel surya sederhana.* **Pembelajaran berbasis teknologi:** Siswa dapat menggunakan simulasi komputer untuk mempelajari konsep energi, mengakses informasi tentang energi melalui internet, atau membuat presentasi tentang energi menggunakan perangkat lunak multimedia.* **Pembelajaran kolaboratif:** Siswa dapat bekerja sama dalam kelompok untuk mengerjakan proyek, memecahkan masalah, atau melakukan eksperimen.**Catatan:**Metode pembelajaran yang digunakan harus disesuaikan dengan karakteristik siswa, materi pembelajaran, dan sumber daya yang tersedia.