Pertanyaan

I. Isilah titik-titk berikut dengan jawaban yang tepatl kode selaligus mengetik jawabannya dalam format kode yaitu - 2. Format iode Scratich dramping 9. 3. Permainan Elockly Maze (B) digurakan untuk - 4. Sebuah incut dapat disimpan pada. 5. Tipe data yang digunakan untuk menyim pan nilai yang berupa (True) atau (False) adalah -

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.9 (26 Suara)
Rina Wahyuni master ยท Tutor selama 5 tahun

Jawaban

1. menggunakan blok kode 2. Scratch 3. mengajarkan konsep dasar pemrograman 4. variabel 5. Boolean

Penjelasan

1. Blocky Fond Tutor dan Blocity Pond adalah alat atau platform yang memungkinkan pengguna untuk belajar pemrograman dengan menggunakan blok kode. Blok kode merupakan cara yang visual dan interaktif untuk mengajarkan konsep pemrograman, khususnya bagi pemula. Blok-blok ini biasanya mewakili pernyataan atau fungsi dalam bahasa pemrograman, dan pengguna dapat menyusunnya untuk membuat program. 2. Format kode Scratch mengacu pada bahasa pemrograman visual yang dikembangkan oleh MIT. Scratch dirancang terutama untuk anak-anak dan pemula dalam pemrograman, menggunakan blok yang dapat diseret dan dijatuhkan untuk menciptakan skrip. Setiap blok mewakili elemen pemrograman yang berbeda seperti perulangan, kondisi, atau aksi.3. Permainan Blockly Maze merupakan alat edukasi yang menggunakan blok kode untuk memecahkan labirin. Ini mengajarkan konsep dasar pemrograman seperti perulangan dan kondisional melalui permainan yang interaktif dan visual.4. Input dalam pemrograman dapat disimpan dalam variabel. Variabel adalah elemen dasar dalam pemrograman yang digunakan untuk menyimpan data. Data yang disimpan dapat berupa angka, teks, atau jenis data lainnya, dan dapat diubah atau diperbarui selama program dijalankan.5. Tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa True atau False adalah Boolean. Tipe data Boolean merupakan tipe data primitif yang hanya memiliki dua nilai: benar (True) atau salah (False). Ini banyak digunakan dalam logika kondisional dan pengambilan keputusan dalam pemrograman.