Pertanyaan

1 MM didinkan di Yogyakarta pada tanggal 14 bertujuan untuk __ A Membentuk pelajar Islam yang berakhlak mulia B. Membentuk pendekar Islam yang berakhlak mulia C. Membentuk putri Islam yang berakhlak mulia D. Membentuk putri yang berakhlak mulia E Membentuk akademisi yang berakhlak mulia 19.Menekankan pada akhlak mulia amar ma'ruf nahi munkar, ibadah, amanah,dan intelektual merupakan tri kompetensi dasar __ A religiusitas B. intelektualitas C. humanitas D. solidaritas E. royalitas 20. Berfokus pada kepekaan solidaritas tinggi. empati, kepedulian, royalitas mengedepankan kepentingun bersama dan memanusiakan manusia merupakan tri kompetensi dasar __ A Religiusitas B. Intelektualitas C. Humanitas D. Solidaritas E. royalitas 21. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan Islam, mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan organisasi, membentuk karakter dun kepribadian yang Islami, meningkatkan softskill dan hardskil, seta jaringan merupakan mantaiat menjadi anggot __ A. OSIS B. IMM C. IPM D. TSPM E. HW 22. Tkatan mahasiswa muhami adiyah memiliki struktur organisasi yang berjenjang mulai dari tingkat nasional hingga diperguruan tinggi. Berikut tingkatannya, kecuali __ A. tingkat nasional B. tingkat propinsi C. tingkat kabupaten/kota D. tingkat perguruan tinggi E. tingkat ranting 23. Sistem permusyawaratan di ikatan mahasiswa muhammadiyah memiliki tujuan yang jelas dalam pengelolaan organisasi. Tujuan utamanya adalah untuk menetapkan kebijakan organisasi, memilih pemimpin organisasi dan mengevaluasi kinerja organisasi secara berkala Berbagai tingkatan sistem permusyawaratan telah IMM sebagai p ermusyawaratan tertinggi yang ditetapkan dalam IMM muktamar diselenggarakan setiap 5 tahun sekali, hingga musyawarah komisariat (MUSKOM)IMM tyang diselenggarakan setiap __ sebagai permusyawaratan ditingkat komisaria A. I tahun sekali B. 2 tahun sekali C. 3 tahun sekali D. 4 tahun sekali E. 5 tahun sekali 24. Berdirinya Nasyiatul (NA) tak lepas dari perhatian muhammadiyah terhadap generasi penerus, Gagasan muncul dari guru di Standart School Muhammadiyahyang menekankan peningkatan mutu ilmu pengetahuan dikalangan siswa. Pda tahun 1919. in mendirikan perkumpulan remajaj siswa bernama __ A. siswa praja B. siswa terpadu C. siswa ambalam D. siswa muhammadiyah E. siswn 'aisyiyah 25. Nasyiatul Aisyiyah (NA)organisasi otonom muhammadiyah, didirikan di Yogyakarta pada tanggal 28 Dzulhijjah 1349 H atau 16 Mei 1931 M. Sebagai bagian muhammadiya 1, Nasyiatul Aisyiyah berperan dalam mewujudkan tujuan gerakan keputrian dengan fokus pada, kecuali __ A. keperempuan B. keagamaan C. kemasyarakatan D pendidikan E. politik 26. Selama perjalanannya, Nasyiatul Aisyiyah (NA) telah mengalami transformasi yang signifikan, mendorong anggotanya untuk mengembangkan strategi yang beragam dalam menghadapi tantangan politik, sosial, dan ekonomi. Hal ini tercermin dalam Upaya pembentukan organisasi 'Aisyiyah dan Nasyiah untuk merekontruksi citra kaum putri degan mengkampanyekan gender Perempuan serta menyesuaikan usia keanggotaannya hingga __ A. 25 tahun B. 30 tahun C. 35 tahun D. 40 tahun E. 45 tahun 27. Susunan organisasi nasyiatul aisyiyah dibuat secara berjenjang dari tingkat pusat, pimpinan wilayah, pimpinan daerah, pimpinan cabang, dan tingkat ranting. Pimpinan pusat adalah __ A. kesatuan wilayah-wilayah dalam ruang lingkup nasional B. kesatuan daerah-daerah dalam tingkat propinsi C. kesatuan cabang-cabang dalam tingkat kabupaten D. kesatuan ranting-ranting dalam satu kecamatan

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.1 (333 Suara)
Aarav profesional ยท Tutor selama 6 tahun

Jawaban

A. Membentuk pelajar Islam yang berakhlak mulia.**

Penjelasan

Meskipun konteks "MM" tidak sepenuhnya jelas (mungkin singkatan dari suatu organisasi), berdasarkan konteks pertanyaan yang menekankan akhlak mulia, pilihan A merupakan jawaban yang paling tepat. Pilihan lain terlalu spesifik (hanya putri, pendekar, atau akademisi) dan tidak seluas tujuan umum pembentukan karakter yang berakhlak mulia.**19. Menekankan pada akhlak mulia, amar ma'ruf nahi munkar, ibadah, amanah, dan intelektual merupakan tri kompetensi dasar ...****Jawaban: A. Religiusitas.**Penjelasan: Kelima poin yang disebutkan (akhlak mulia, amar ma'ruf nahi munkar, ibadah, amanah, dan intelektual) merupakan aspek-aspek kunci dari religiusitas dalam konteks Islam.**20. Berfokus pada kepekaan, solidaritas tinggi, empati, kepedulian, royalitas, mengedepankan kepentingan bersama dan memanusiakan manusia merupakan tri kompetensi dasar ...****Jawaban: C. Humanitas.**Penjelasan: Poin-poin yang disebutkan mencerminkan nilai-nilai kemanusiaan, empati, dan kepedulian sosial yang merupakan inti dari humanitas.**21. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan Islam, mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan organisasi, membentuk karakter dan kepribadian yang Islami, meningkatkan softskill dan hardskill, serta jaringan merupakan manfaat menjadi anggota ...****Jawaban: B. IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah).**Penjelasan: Deskripsi manfaat tersebut sangat sesuai dengan tujuan dan kegiatan IMM yang fokus pada pengembangan intelektual, kepemimpinan, dan pengamalan nilai-nilai Islam.**22. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah memiliki struktur organisasi yang berjenjang, mulai dari tingkat nasional hingga di perguruan tinggi. Berikut tingkatannya, kecuali ...****Jawaban: E. Tingkat ranting.**Penjelasan: IMM biasanya memiliki struktur organisasi yang berjenjang dari tingkat nasional, wilayah/provinsi, cabang/kota/kabupaten, komisariat (perguruan tinggi), dan mungkin sampai pada tingkat departemen/fakultas di beberapa perguruan tinggi. "Tingkat ranting" lebih umum di organisasi lain, bukan struktur khas IMM.**23. Sistem permusyawaratan di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah memiliki tujuan yang jelas... Musyawarah komisariat (MUSKOM) IMM sebagai permusyawaratan di tingkat komisariat yang diselenggarakan setiap ...****Jawaban: A. 1 tahun sekali.**Penjelasan: Meskipun frekuensi MUSKOM bisa bervariasi tergantung pada peraturan organisasi di masing-masing komisariat, umumnya MUSKOM IMM diselenggarakan setiap tahun sekali.**24. Berdirinya Nasyiatul Aisyiyah (NA) tak lepas dari perhatian Muhammadiyah terhadap generasi penerus... Pada tahun 1919, ini mendirikan perkumpulan remaja siswa bernama ...****Jawaban: D. Siswa Muhammadiyah.**Penjelasan: Meskipun informasi ini membutuhkan konfirmasi lebih lanjut dari sumber sejarah Muhammadiyah, "Siswa Muhammadiyah" adalah nama yang paling masuk akal untuk perkumpulan remaja siswa yang didirikan dalam konteks Muhammadiyah pada tahun 1919.**25. Nasyiatul Aisyiyah (NA), organisasi otonom Muhammadiyah, berperan dalam mewujudkan tujuan gerakan keputrian dengan fokus pada, kecuali ...****Jawaban: E. Politik.**Penjelasan: Meskipun NA terlibat dalam isu-isu sosial yang mungkin memiliki implikasi politik, fokus utamanya adalah pada pemberdayaan perempuan dalam bidang keagamaan, kemasyarakatan, pendidikan, dan keperempuanan itu sendiri. Politik bukanlah fokus utama NA.**26. Selama perjalanannya, Nasyiatul Aisyiyah (NA) telah mengalami transformasi... Hal ini tercermin dalam upaya pembentukan organisasi 'Aisyiyah dan Nasyiah untuk merekonstruksi citra kaum putri dengan mengkampanyekan gender perempuan serta menyesuaikan usia keanggotaannya hingga ...****Jawaban: Tidak ada jawaban yang pasti dalam pilihan yang diberikan.** Informasi mengenai batas usia keanggotaan NA membutuhkan konfirmasi lebih lanjut dari sumber resmi Nasyiatul Aisyiyah.**27. Susunan organisasi Nasyiatul Aisyiyah dibuat secara berjenjang... Pimpinan pusat adalah ...****Jawaban: A. Kesatuan wilayah-wilayah dalam ruang lingkup nasional.**Penjelasan: Pimpinan pusat organisasi biasanya mewakili seluruh wilayah operasional organisasi di tingkat nasional.**Catatan:** Beberapa jawaban memerlukan konfirmasi lebih lanjut dari sumber resmi organisasi yang bersangkutan (IMM dan NA) untuk memastikan keakuratannya sepenuhnya. Informasi di atas didasarkan pada pemahaman umum tentang organisasi-organisasi tersebut.