Pertanyaan
Apa peran pendidikan lingkungan di **2 poi sekolah, menurut teks? B. Memusnahkan lingkungan. A. Tidak memiliki peran sama sekali. C. Membentuk generasi yang peduli dengan lingkungan. D. Menghancurkan generasi muda.
Solusi
Jawaban
C. Membentuk generasi yang peduli dengan lingkungan.
Penjelasan
Teks bertanya tentang peran pendidikan lingkungan di sekolah dalam empat opsi, dengan fokus utama pada hasil yang didapatkan dari penerapan pendidikan lingkungan. Opsi B berbicara tentang "memusnahkan lingkungan" dan D tentang "menghancurkan generasi muda;", opsi ini secara umum berkonotasi dengan dampak negatif, dan bukan tujuan pendidikan. Pengertian banyak dari tujuan pendidikan adalah untuk pencerahan dan pemajuan sedangkan opsi B dan D berbicara sebaliknya tentang apa yang berguna untuk kebingungan atau dampak buruk. Demikian pula opsi A (Tidak memiliki peran sama sekali.) menunjuk ke penyangkalan fungsi pendidikan yang kemungkinan juga tidak benar. Imbauan utama melalui praktek ini adalah melakukan pembangunan jasmani secara bermakna dan beragam.Secara kontras, Opsi C (Membentuk generasi yang peduli dengan lingkungan.) rupanya mencocokkan dengan penyediaan pendidikan yang diharapkan dan oleh konsep pendidikan lingkungan. Hal ini memberi para siswa pemahaman baru yang mereka butuhkan untuk menjaga lingkungan, serta kemamberian konsep dan metode untuk berbuat sesuatu bagi lingkungan dengan aksi yang konstruktif dan positif. Itu cocok lebih dekat dengan pengertian yang lebih tradisional dari peranan pendidikan sebagai indikator untuk pemajuan siswa dalam pengetahuan yang berarti dan bervariasi[optimal].