Pertanyaan
Jawablah pertanyaan -pertanyaan berikut! 1.Apa yang dimaksud dengan sampah anorganik atau non organik? 2.Tuliskan tiga contoh sampah non organik! 3.Mengapa tidak boleh membuang sampah plastik di sungai? 4.Bagaimana cara membuang sampah pecahan kaca? 5.Mengapa kita perlu memanfaatkan barang bekas? Jawablah pertanyaan -pertanyaan berikut! 1. Apakah proyek P5 yang dilakukan memiliki konteks yang relevan dengan kehidupan nyata atau isu-isu yang relevan bagi siswa? 2. Apakah siswa aktif terlibat dalam perencanaan dan desain proyek P5, serta memiliki kesempatan untuk membua t keputusan dan berkolaborasi? 3. Apakah proyek P5 anda mendorong kreativitas dan pemecahan masalah siswa, serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk mencari solusi alternatif? 4. Apakah proyek P5 anda melibatkan penggunaan keterampilan dan pengetahuan lintas mata pelajaran , sehingga mengintegrasikan berbagai bidang studi? 5. Apakah penerapan proyek P5 anda memerlukan pengumpulan data dan informasi serta proses analisis dan interpretasi dari siswa? 6. Apakah siswa diminta untuk mempresentasikan hasil proyek P5 mereka dengan cara yang kreatif dan menarik? 7. Apakah proyek P5 ini dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih luas dan terintegrasi, bukan hanya sebagai demonstrasi keterampilan atau pengetahuan? 8. Apakah proyek P5 siswa untuk berpikir kritis dan reflektif tentang temuan dan proses pembelajaran mereka? 9. Apakah penerapan proyek P5 berfokus pada pengembangan pemahaman mendalam, bukan hanya pada hasil akhir atau produk yang dihasilkan? 10. Apakah proyek P5 ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengambil tindakan nyata atau menyampaikan hasil penelitian mereka kepada masyarakat?
Solusi
Jawaban
**Pertanyaan Sampah:**1. **Apa yang dimaksud dengan sampah anorganik atau non organik?** Sampah anorganik atau non organik adalah jenis sampah yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme secara alami. Contohnya termasuk plastik, kaca, logam, dan kertas.2. **Tuliskan tiga contoh sampah non organik!** - Plastik - Kaca - Logam3. **Mengapa tidak boleh membuang sampah plastik di sungai?** Membuang sampah plastik di sungai dapat merusak ekosistem air tawar, mengganggu kehidupan biota laut, dan mencemari sumber air. Plastik juga membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai, sehingga dapat bertahan dalam lingkungan selama ratusan tahun.4. **Bagaimana cara membuang sampah pecahan kaca?** Sampah pecahan kaca harus dibuang di tempat pembuangan akhir (TPA) atau di fasilitas daur ulang khusus yang mampu menangani bahan berbahaya seperti kaca pecah.5. **Mengapa kita perlu memanfaatkan barang bekas?** Memanfaatkan barang bekas membantu mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir, mengurangi konsumsi sumber daya alam baru, dan mendukung upaya daur ulang yang berkelanjutan.**Pertanyaan Proyek P5:**1. **Apakah proyek P5 yang dilakukan memiliki konteks yang relevan dengan kehidupan nyata atau isu-isu yang relevan bagi siswa?** Ya, proyek P5 biasanya dirancang untuk menangani isu-isu nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, seperti lingkungan, kesehatan, atau teknologi.2. **Apakah siswa aktif terlibat dalam perencanaan dan desain proyek P5, serta memiliki kesempatan untuk membuat keputusan dan berkolaborasi?** Ya, siswa seharusnya aktif terlibat dalam perencanaan dan desain proyek P5, serta memiliki kesempatan untuk membuat keputusan dan berkolaborasi dengan teman-teman sekelas atau dengan komunitas eksternal.3. **Apakah proyek P5 anda mendorong kreativitas dan pemecahan masalah siswa, serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk mencari solusi alternatif?** Ya, proyek P5 dirancang untuk mendorong kreativitas dan pemecahan masalah siswa dengan memberikan kesempatan bagi mereka untuk mencari solusi alternatif yang inovatif.4. **Apakah proyek P5 anda melibatkan penggunaan keterampilan dan pengetahuan lintas mata pelajaran, sehingga mengintegrasikan berbagai bidang studi?** Ya, proyek P5 sering kali melibatkan penggunaan keterampilan dan pengetahuan lintas mata pelajaran, sehingga mengintegrasikan berbagai bidang studi seperti sains, matematika, geografi, dan bahasa.5. **Apakah penerapan proyek P5 anda memerlukan pengumpulan data dan informasi serta proses analisis dan interpretasi dari siswa?** Ya, penerapan proyek P5 biasanya memerlukan pengumpulan data dan informasi, serta proses analisis dan interpretasi dari siswa untuk memahami masalah dan mencari solusi yang efektif.6. **Apakah siswa diminta untuk mempresentasikan hasil proyek P5 mereka dengan cara yang kreatif dan menarik?** Ya, siswa sering kali diminta untuk mempresentasikan hasil proyek P5 mereka dengan cara yang kreatif dan menarik, baik secara individu maupun kelompok.7. **Apakah proyek P5 ini dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih luas dan terintegrasi, bukan hanya sebagai demonstrasi keterampilan atau pengetahuan?** Ya, proyek P5 dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih luas dan terintegrasi, seperti pemahaman mendalam tentang masalah, keterampilan berpikir kritis,