Pertanyaan

5. Pada kerangka referansi kompetitif ada titik perbedaan antara Point of Difference (POD) dan Point of Parity (POP), jelaskan.

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.3 (282 Suara)
Yashas ahli ยท Tutor selama 3 tahun

Jawaban

**Point of Difference (POD) adalah aspek unik yang membedakan produk atau layanan suatu perusahaan dari pesaingnya, menciptakan persepsi keunikan di benak konsumen. Sementara itu, Point of Parity (POP) adalah aspek di mana produk atau layanan perusahaan memiliki kesamaan atau keunggulan yang sama dengan produk pesaing, membantu memastikan bahwa produk tersebut setidaknya sebanding dengan pesaing.

Penjelasan

**Dalam kerangka referensi kompetitif, Point of Difference (POD) dan Point of Parity (POP) adalah dua konsep kunci yang digunakan untuk membedakan dan membandingkan produk atau layanan dari pesaing.1. **Point (PO** Ini adalah aspek unik atau keunggulan yang membedakan produk atau layanan suatu perusahaan dari pesaingnya. POD bisa berupa fitur eksklusif, manfaat, atau nilai tambah yang tidak dimiliki oleh produk pesaing. Tujuan utama dari POD adalah menciptakan persepsi keunikan di benak konsumen sehingga mereka memilih produk atau layanan tersebut dibandingkan dengan alternatif lain.2. **Point of Parity (POP):** Ini adalah aspek di mana produk atau layanan perusahaan memiliki kesamaan atau keunggulan yang sama dengan produk pesaing. POP tidak necessarily membuat produk lebih unggul, tetapi membantu memastikan bahwa produk tersebut setidaknya sebanding dengan pesaing dalam hal-hal tertentu. Ini bisa mencakup fitur atau keunggulan umum yang diharapkan oleh konsumen.**