Pertanyaan
Soal No. 2 Understanding by Design (UbD)sebagai framework kurikulum yang digagas Grant Wiggins, dilihat dari anatomi pengembangan kurikulum , jelaskan oleh Anda, terkait: a. Kesamaan dan kebedaan dengar model pengembangan kurikulum dan anatomi kurikulum b. Bagaimana langkah-langkah framework UbD Design)? c. Beri ilustrasi atau contoh penerapannya pada pembelajaran bidang keahlian Teknik Bangunan (satu tonik bahasan sa ia dan t entukan oleh Anda)
Solusi
Jawaban
**a. Kesamaan dan Kebedaan dengan Model Pengembangan Kurikulum dan Anatomi Kurikulum****Kesamaan:**- **Fokus Pendidikan:** Baik UbD maupun model pengembangan kurikulum lainnya berfokus pada pencapaian tujuan pendidikan yang jelas dan relevan.- **Keterlibatan Guru:** Keduanya menekankan pentingnya peran guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif.**Kebedaan:**- **Pendekatan UbD:** UbD menekankan pada pemahaman mendalam (understanding) sebagai hasil belajar utama, berbeda dengan beberapa model lain yang mungkin lebih fokus pada pengetahuan atau keterampilan.- **Anatomi Kurikulum:** Anatomi kurikulum biasanya membagi struktur kurikulum menjadi komponen-komponen seperti tujuan, isi, metode, dan evaluasi. Sementara UbD lebih menekankan pada perencanaan berbasis hasil (backward design) untuk mencapai pemahaman siswa.**b. Langkah-langkah Framework UbD**1. **Menentukan Hasil Pembelajaran yang Diinginkan (Desired Results):** - Fokus pada pemahaman siswa yang diharapkan, bukan hanya pengetahuan atau keterampilan.2. **Mengidentifikasi Pengetahuan dan Keterampilan yang Diperlukan (Knowledge and Skills to be Learned):** - Analisis apa yang siswa harus pahami dan bisa lakukan setelah pembelajaran.3. **Merancang Pengalaman Pembelajaran (Learning Experiences):** - Merancang kegiatan dan materi yang akan membantu siswa mencapai hasil pembelajaran.4. **Mengembangkan Alat Penilaian (Assessment Evidence):** - Mengembangkan cara untuk mengukur apakah siswa telah mencapai hasil pembelajaran.**c. Contoh Penerapan UbD pada Pembelajaran Bidang Keahlian Teknik Bangunan****Contoh:**Dalam pembelajaran Teknik Bangunan, guru dapat menggunakan UbD dengan cara berikut:1. **Hasil Pembelajaran:** - Siswa harus memahami prinsip-prinsip dasar teknik bangunan dan mampu merancang sebuah struktur sederhana.2. **Pengetahuan dan Keterampilan:** - Siswa perlu mempelajari konsep-konsep dasar seperti fondasi, struktur, dan bahan bangunan, serta keterampilan seperti pengukuran dan perhitungan.3. **Pengalaman Pembelajaran:** - Guru dapat menyelenggarakan kegiatan seperti proyek kolaboratif di mana siswa bekerja dalam tim untuk merancang dan membangun model bangunan kecil.4. **Alat Penilaian:** - Guru menggunakan tes tertulis, observasi, dan evaluasi proyek untuk menilai pemahaman siswa tentang prinsip-prinsip teknik bangunan dan kemampuan mereka dalam menerapkan pengetahuan tersebut dalam praktik.Dengan menggunakan UbD, guru dapat memastikan bahwa pembelajaran berfokus pada pemahaman yang mendalam dan relevan dengan kebutuhan siswa.