Pertanyaan

"Ibu Susi adalah seorang peneliti yang sedang melakukan penelitian tentang efektivitas penggunaan teknologi dalam pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed methods)yang melibatkan survei terhadap 150 guru, wawancara mendalam dengan 15 kepala sekolah serta observasi langsung di 10 kelas yang menggunakan teknologi secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana teknologi mempengaruhi interaksi antara guru dan siswa serta peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum memulai pengumpulan data, Ibu Santi merancang instrumen penelitian seperti kuesioner, panduan wawancara, dan lembar observasi. la juga menetapkan jadwal pelaksanaan pengumpulan data dan meminta izin dari pihak sekolah untuk melakukan observasi dan wawancara. Berdasarkan studi kasus tersebut, jelaskan tahapan pengumpulan data yang sebaiknya dilakukan oleh Ibu Susi untuk mendapatkan hasil penelitian yang valid dan dapat diandalkan."

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.7 (137 Suara)
Vedika profesional ยท Tutor selama 6 tahun

Jawaban

**Tahapan pengumpulan data yang sebaiknya dilakukan oleh Ibu Susi untuk mendapatkan hasil penelitian yang valid dan dapat diandalkan meliputi:1. **Persiapan Instrumen Penelitian:** - Menyusun kuesioner, panduan wawancara, dan lembar observasi yang sesuai dengan tujuan penelitian.2. **Pengujian Instrumen:** - Melakukan uji coba instrumen pada sekelompok kecil sebelum pengumpulan data resmi.3. **Pelaksanaan Survei:** - Menyebarkan kuesioner kepada 150 guru dan mengumpulkan data secara sistematis.4. **Pelaksanaan W

Penjelasan

**Pengumpulan data adalah tahap kritis dalam penelitian yang menentukan kualitas dan keandalan hasil penelitian. Berdasarkan studi kasus Ibu Susi, berikut adalah tahapan pengumpulan data yang sebaiknya dilakukan untuk mendapatkan hasil penelitian yang valid dan dapat diandalkan:1. **Persiapan Instrumen Penelitian:** - **Kuesioner:** Dirancang dengan pertanyaan yang jelas dan terukur, serta disesuaikan dengan karakteristik responden (guru, kepala sekolah, dan siswa). - **Panduan Wawancara:** Disiapkan untuk mendapatkan data mendalam dari kepala sekolah, mencakup pengalaman, persepsi, dan pandangan mereka tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran. - **Lembar Observasi:** Dirancang untuk mencatat interaksi antara guru dan siswa serta aktivitas kelas secara sistematis.2. **Pengujian Instrumen:** - Sebelum pengumpulan data secara resmi, lakukan uji coba instrumen pada sekelompok kecil untuk memastikan validitas dan reliabilitasnya. Ini membantu mengidentifikasi masalah potensial dalam desain instrumen.3. **Pelaksanaan Survei:** - **Pembagian Kuesioner:** Kuesioner disebarkan kepada 150 guru dengan cara online atau cetak, tergantung pada kenyamanan dan kemampuan teknis masing-masing. Pastikan untuk memberikan instruksi yang jelas dan menetapkan batas waktu pengembalian. - **Pengumpulan Data:** Kumpulkan kuesioner secara elektronik atau secara fisik setelah jadwal yang ditentukan. Pastikan data disimpan dengan aman dan dilakukan analisis awal untuk memeriksa kualitas data.4. **Pelaksanaan Wawancara:** - **Jadwal Wawancara:** Tetapkan jadwal wawancara dengan kepala sekolah secara terlebih dahulu. Pastikan waktu yang diberikan cukup untuk mendapatkan informasi yang komprehensif. - **Pengumpulan Data:** Lakukan wawancara sesuai dengan panduan yang telah disiapkan. Catat respons secara akurat dan jangan ragu untuk mengklarifikasi pertanyaan jika diperlukan.5. **Pelaksanaan Observasi:** - **Persiapan:** Pastikan peralatan observasi (misalnya, catatan, perekam suara/video jika diperlukan) siap sebelum memasuki kelas. - **Prosedur Observasi:** Amati interaksi antara guru dan siswa serta aktivitas belajar mengajar secara sistematis. Catat fenomena yang terjadi tanpa intervensi.6. **Analisis Data:** - Set data terkumpul, lakukan analisis data secara menyeluruh. Gunakan metode kuantitatif untuk data dari survei dan wawancara, serta metode kualitatif untuk data dari observasi. Kombinasikan kedua metode untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif.7. **Verifikasi dan Validasi:** - Tinjau kembali semua data yang dikumpulkan untuk memastikan tidak ada kesalahan atau ketidakkonsistenan. Validasi data dengan membandingkan hasil dari berbagai sumber (survei, wawancara, observasi).8. **Pelaporan Hasil:** - Susun laporan penelitian yang mencakup temuan utama, analisis, dan kesimpulan. Pastikan laporan disusun dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.**