Pertanyaan
Bu Yuli sedang mempersiapkan bahan pembelajaran IPS yang akan digunakan di kelas Topik materi hari Itu adalah "Kenampakan Alam dan Buatan, serta Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia. Seperti biasa sebelum mengajar Bu Yull mencermail materi dengan seksama untuk menemukan kategori ranah dan level berpikir yang diharapkan dapat dikuasai siswa setelah mempelajari materi. Tetapi, karena materinya baru, Bu Yuli merasa perlu berdiskusi sehingga pengkalegorian yang dhasilkan lepat sasaran Bantulah Bu Yuli mengkategorikan materi tersebut dalam bentuk tabel!
Solusi
Jawaban
## Kategori Ranah dan Level Berpikir Materi IPS: Kenampakan Alam dan Buatan, serta Pembagian Wilayah Waktu di IndonesiaBerikut tabel kategori ranah dan level berpikir untuk materi IPS "Kenampakan Alam dan Buatan, serta Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia":| **Ranah** | **Level Berpikir** | **Contoh Soal/Aktivitas** ||---|---|---|| **Kognitif** | **Pengetahuan** | - Sebutkan 5 contoh kenampakan alam di Indonesia! - Jelaskan perbedaan antara kenampakan alam dan kenampakan buatan! - Apa yang dimaksud dengan wilayah waktu? || | **Pemahaman** | - Jelaskan mengapa Indonesia memiliki banyak gunung berapi? - Mengapa Indonesia memiliki banyak wilayah waktu? - Bagaimana cara menentukan waktu di suatu wilayah di Indonesia? || | **Aplikasi** | - Buatlah peta sederhana yang menunjukkan letak kenampakan alam di Indonesia! - Hitunglah selisih waktu antara Jakarta dan Papua! - Jelaskan bagaimana pengaruh letak geografis terhadap kenampakan alam di Indonesia! || | **Analisis** | - Analisislah dampak positif dan negatif dari pembangunan infrastruktur di Indonesia terhadap kenampakan alam! - Bandingkan dan kontraskan kenampakan alam di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera! - Jelaskan mengapa pembagian wilayah waktu di Indonesia penting? || | **Sintesis** | - Buatlah proposal untuk membangun taman nasional baru di Indonesia! - Rancanglah sistem transportasi yang efektif untuk menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia! - Buatlah presentasi tentang pentingnya menjaga kelestarian kenampakan alam di Indonesia! || | **Evaluasi** | - Berikan penilaian terhadap kebijakan pemerintah dalam pengelolaan kenampakan alam di Indonesia! - Evaluasilah dampak positif dan negatif dari pembagian wilayah waktu di Indonesia! - Bagaimana cara meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian kenampakan alam? || **Afektif** | **Penerimaan** | - Menunjukkan minat dan rasa ingin tahu terhadap materi tentang kenampakan alam dan buatan di Indonesia. - Menunjukkan sikap positif terhadap upaya pelestarian kenampakan alam di Indonesia. || | **Penghargaan** | - Menghargai pentingnya kenampakan alam dan buatan bagi kehidupan manusia. - Menghargai upaya pemerintah dalam menjaga kelestarian kenampakan alam di Indonesia. || | **Respons** | - Berpartisipasi aktif dalam diskusi tentang kenampakan alam dan buatan di Indonesia. - Menunjukkan sikap peduli terhadap kelestarian kenampakan alam di Indonesia. || | **Organisasi** | - Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian kenampakan alam di lingkungan sekitar. - Menunjukkan sikap proaktif dalam upaya pelestarian kenampakan alam di Indonesia. || **Psikomotorik** | **Peniruan** | - Meniru cara membuat peta sederhana yang menunjukkan letak kenampakan alam di Indonesia. - Meniru cara menghitung selisih waktu antara dua wilayah di Indonesia. || | **Manipulasi** | - Membuat peta sederhana yang menunjukkan letak kenampakan alam di Indonesia. - Menghitung selisih waktu antara dua wilayah di Indonesia. || | **Presi** | - Membuat peta yang akurat dan detail yang menunjukkan letak kenampakan alam di Indonesia. - Menghitung selisih waktu dengan tepat antara dua wilayah di Indonesia. || | **Artisitik** | - Membuat model 3D dari kenampakan alam di Indonesia. - Membuat video pendek tentang pentingnya menjaga kelestarian kenampakan alam di Indonesia. || | **Naturalisasi** | - Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kenampakan alam di lingkungan sekitar. - Menunjukkan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan tentang pembagian wilayah waktu dalam kehidupan sehari-hari. |**Catatan:*** Tabel ini hanya contoh dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kesulitan siswa.* Penting untuk memilih soal/aktivitas yang sesuai dengan level berpikir dan ranah yang ingin dicapai.* Pastikan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan semua ranah dan level berpikir.Semoga tabel ini membantu Bu Yuli dalam mengkategorikan materi IPS "Kenampakan Alam dan Buatan, serta Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia"!