Pertanyaan
E. Kalimat (10) K) Hadjar Dewantara berpandangan bahwa belajar harus bersifat memerdekakan siswa 2Secara pedagogik, kemerdekaar belajar merupakan syarat untuk membantu perkembangar potensi anak didik tanpa tekanan dan hambatan. "Dengan demikian akan memungkinkan perkembangan pribadi yang kuat pada anak didik. "Anak didik dengan bawaan kodratnya diberikan kebebasan atau kemerdekaan untuk mengatasi sendiri masalah-masalah yang dihadapi. "Pendidik cukup melaksanakan tugasnya dengan melakukan Tut Wuri Handayani. "Pendidik akan mengambil alih tindakan apabila masalah yang dihadapi anak didik tersebut membahayakan anak didik itu sendiri.'Konsep belajar ala Ki Hadjar Dewantara berbeda dengan aliran progresif.Aliran progresif mempunyai konsep bahwa manusia mempunyai kemampuan yang wajar dalam menghadapi serta mengatasi masalah yang bersifat menekan atau mengancam manusia itu sendiri. "Dengan demikian, anak didik tidak memerlukan campur tangan pihak lain sekalipun mereka mengalami masalah yang serius. Diadaptasi dari Suparian, 2015 9. Apabila gagasan pada bacaan tersebut dipisahkan menjadi dua paragraf yang padu dan utuh pengelompokan kalimatnya adalah __ A. (1-2) dan (3-4-5-6-7-8-9) B. (1-2-3) dan (4-5-6-7-8-9) C. (1-2-3-4-5) dan (6-7-8-9) D. (1-2-3-4-5-6) dan (7-8-9) E. (1-2-3-4-5-6-7) dan (8-9) (0.)Gagasan dalam kalimat (1)dapat diungkapkan melalui kalimat __ A. Pandangan belajar harus bersifat memerdekakan siswa menjadi ciri Ki Hadjar Dewantara. B. Ki Hadjar Dewantara harus belajar tentang pandangan yang bersifat memerdekakan siswa. C. Pandangan belajar yang dianut Ki Hadjar Dewantara memerdekakan siswa yang belajar. D. Pandangan Kl Hadjar Dewantara adalah belajar harus bersifat memerdekak an siswa. E. Belajar yang bersifat memerdekakan siswa membuat Ki Hadjar Dewantara menjadi terpandang.
Solusi
Jawaban
9. Apabila gagasan pada bacaan tersebut dipisahkan menjadi dua paragraf yang padu dan utuh, pengelompokan kalimatnya adalah __Untuk memisahkan gagasan menjadi dua paragraf yang padu dan utuh, kita perlu mengelompokkan kalimat-kalimat yang memiliki tema atau ide utama yang sama. Berdasarkan bacaan tersebut, kita dapat mengidentifikasi dua gagasan utama:- Gagasan pertama: Pentingnya belajar yang bersifat memerdekakan siswa menurut Ki Hadjar Dewantara.- Gagasan kedua: Perbedaan konsep belajar antara aliran progresif dan Ki Hadjar Dewantara.Dengan demikian, pengelompokan kalimat yang tepat adalah:**C. (1-2-3-4-5) dan (6-7-8-9)**Penjelasan:- Kalimat 1-5 membahas pandangan Ki Hadjar Dewantara tentang belajar yang memerdekakan siswa.- Kalimat 6-9 membahas perbedaan konsep belajar antara aliran progresif dan Ki Hadjar Dewantara.10. Gagasan dalam kalimat (1) dapat diungkapkan melalui kalimat __Kalimat (1) menyatakan bahwa Ki Hadjar Dewantara berpandangan bahwa belajar harus bersifat memerdekakan siswa. Gagasan ini dapat diungkapkan kembali dengan kalimat yang menekankan pandangan Ki Hadjar Dewantara tentang belajar yang memerdekakan siswa.**A. Pandangan belajar harus bersifat memerdekakan siswa menjadi ciri Ki Hadjar Dewantara.**Penjelasan:- Kalimat ini menegaskan bahwa pandangan belajar yang bersifat memerdekakan siswa adalah ciri khas dari Ki Hadjar Dewantara.