Pertanyaan
10. Johan mengikut kegiatan market day untuk mempromosikan kerajinan vas bunge dari kulit telur yang dibuatnya Kegiatan promosi yang dilakukan Johan termasuk jenis promosi __ HOTS a below the line b. above the line c. through the line d. in the line 11. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menentuka target pasar adalah __ a. melakuk an promo si den gan b. membuat produk sesuai keinginan mengandalkan pamflet pribadi c memperhatikan perkembangan selera konsumen d memasarkan produk secara langsung 12 Keseluruhan total biaya yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan dalam memproduksi barang atau jasa untuk dijual selama satu periode tertentu disebut __ a. harga satuan produk b. harga pokok penjualan (HPP) c. modal d persentase laba 13.Penentuan harga jual melalui cost plus pricing method dilakukan dengan cara __ a menghitung seluruh biaya modal dan menam bahkanny dengan keuntungan yang diharapkan b menghitung seluruh biaya modal dan mena mbahkannya dengan perkiraan kerugian yang mungkin terjadi c. menghitung seluruh keuntungan yang mungkin diperoleh dari penjualan produk d menentukan harga yang paling dapat bersaing di pasaran Dalam penyelenggaraan bazar dan pameran kegiatan evaluasi dilakukan untuk __ a. mengetahui kekurangan selama kegiatan berlangsung b mengetahui besarnya keuntungan yang diperoleh c lebih banyak pelanggan d memperkenalka produk -produk kerajinan yang dipasarkan 15 Pengemasar __ enambah kerajinan yang a fungsi produk kerajinan b nilai estetis c kreativitas d kerajinan 16. Berikut yang tidak harus diperhatikan dalam menyusun materi presentas produk kerajinan berbahan limbah adalah __ a bahan dan produk kerajinan limbah b. proses pembuatan kerajinan c. nilai tambah produk kerajinan d. harga bahan dan harga jual produk 17 Perhatikan ciri bahan kerajinan dari limbah organik berikut! 1) Sulit dibentuk 2) Lebih kuat 3) Mudah rapuh dan pecah 4) Lebih tahan lama Keuntungan menggunakan limbah bambu dibandingkan sisa kayu ditunjukkan oleh nomor __ HOTS a. 1) c. 3) b. 2) d. 4) 18. Berikut yang termasuk dalam strategi pemasaran produk 4P kecuali __ a. product b. place c. promotion d. process 19. Gilang membuat kerajinan sandal dari pelepah pisang . Sepasang sandal membutuhkan modal Rp25.000 ,00. Jika Gilang menginginkan keuntungan sebesar 35% , harga jual kerajinan sandal gilang adalah __ a. Rp8.750,00 c. Rp33 .750,00 b. Rp16 .250,00 d. Rp337 .500,00 20 Beni akan membuat kerajinan vas bunga dari kulit telur . Beni mengumpulkan kulit telur burung puyuh dan telur ayam dari rumahnya . Ia kemudian membeli botol bekas seharga Rp2.000 ,00, lem Rp10.000 sedotan Rp2.000 ,00,manik- manik Rp5.000 , lem kayu seharga Rp7.000,00 dan mematok ongkos sebesar Rp10.000 .00. Jika Beni ingin mendapatkan keuntungan sebesar 25% maka harga jual barang kerajinan Beni adalah __ HOTS a. Rp26.000 .00 c. Rp9.000,00 b. Rp45.000,00 c. Rp36 .000,00
Solusi
Jawaban
10. a. below the line11. c. memperhatikan perkembangan selera konsumen12. b. harga pokok penjualan (HPP)13. a. menghitung seluruh biaya modal dan menambahkannya dengan keuntungan yang diharapkan14. d. memperkenalkan produk-produk kerajinan yang dipasarkan15. b. nilai estetis16. d. harga bahan dan harga jual produk17. b. 2)18. d. process19. c. Rp33.750,0020. b. Rp45.000,00
Penjelasan
10. Promosi "below the line" adalah strategi pemasaran yang tidak melibatkan media tradisional seperti televisi, radio, atau surat kabar. Ini lebih bersifat pribadi dan langsung, seperti melalui pameran atau event.11. Mengetahui selera konsumen adalah salah satu cara untuk menentukan target pasar. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan produk dan strategi pemasaran mereka sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.12. Harga Pokok Penjualan (HPP) adalah total biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memproduksi barang atau jasa yang dijual. Ini mencakup biaya bahan baku, tenaga kerja, dan overhead.13. Metode penentuan harga jual dengan cara menambahkan biaya modal dengan keuntungan yang diharapkan dikenal sebagai "cost plus pricing method".14. Tujuan utama dari penyelenggaraan bazar dan pameran adalah untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada konsumen potensial.15. Pengemasan yang baik dapat menambah nilai estetis produk, yang pada gilirannya dapat meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan.16. Dalam menyusun materi presentasi produk kerajinan berbahan limbah, harga bahan dan harga jual produk bukanlah hal yang harus diperhatikan. Fokus utamanya adalah pada proses pembuatan, nilai tambah, dan bahan yang digunakan.17. Bambu memiliki kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kayu, sehingga lebih tahan lama dan kuat.18. Dalam strategi pemasaran produk 4P, "process" bukan termasuk dalam kategori tersebut. 4P merujuk pada Product, Price, Place, dan Promotion.19. Jika Gilang menginginkan keuntungan sebesar 35% dari modal Rp25.000,00, maka keuntungannya adalah Rp8.750,00. Oleh karena itu, harga jualnya adalah Rp33.750,00.20. Total biaya yang dikeluarkan Beni adalah Rp36.000,00. Jika ia ingin mendapatkan keuntungan sebesar 25%, maka harga jual barang kerajinannya adalah Rp45.000,00.