Pertanyaan
c. membagi peserta didik menjadi dua kelompok pemukul dan penjaga. d. melakukan tanpa ayunan untuk memancing baseman lawan. e. memperhatikan posisi pemukul dan penjaga sebelum berlari. 20. Aktivitas pembelajaran bermain sofbol dengan peraturan yang dimodifikasi melalui permainan "LEMTARI" (lempar tangkap, dan lari) bertujuan untuk __ a. mengasah keterampilan bermain dengan mematikan dua pelari. b. meningkatkan keterampilan respons dalam situasi penyerangan yang menekan. c. memperbaiki keputusan cepat dalam situasi permainan yang berbeda. d. meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam bertindak di lapangan. e. memahami keterampilan softball dengan peraturan yang dimodifikasi.
Solusi
Jawaban
Jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan tersebut adalah **(c) memperbaiki keputusan cepat dalam situasi permainan yang berbeda.**Berikut penjelasannya:* **Permainan "LEMTARI"** dirancang untuk mensimulasikan situasi permainan softball yang cepat dan dinamis. * **Lempar tangkap dan lari** mengharuskan peserta didik untuk membuat keputusan cepat berdasarkan posisi bola dan pelari. * **Peraturan yang dimodifikasi** dalam permainan "LEMTARI" menciptakan situasi permainan yang berbeda, sehingga peserta didik harus beradaptasi dan membuat keputusan yang tepat dalam waktu singkat.**Pilihan lainnya kurang tepat karena:*** **(a)** Mematikan dua pelari bukan fokus utama permainan "LEMTARI".* **(b)** Meskipun permainan "LEMTARI" melibatkan situasi penyerangan, fokusnya bukan pada tekanan.* **(d)** Kecepatan dan ketepatan memang penting, tetapi bukan tujuan utama permainan "LEMTARI".* **(e)** Memahami keterampilan softball dengan peraturan yang dimodifikasi adalah tujuan sampingan, fokus utamanya adalah pada pengambilan keputusan cepat.**Kesimpulan:**Permainan "LEMTARI" dengan peraturan yang dimodifikasi merupakan alat yang efektif untuk melatih peserta didik dalam membuat keputusan cepat dan tepat dalam situasi permainan softball yang dinamis.