Pertanyaan
konsumen. 3. Jelaskan dasar segementasi pasar konsumen.
Solusi
Jawaban
Variabel segmentasi dasar pasar konsumen meliputi:1. Variabel demografis seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, dan struktur keluarga.2. Variabel psikografis seperti nilai-nilai, sikap, dan gaya hidup. 3. Variabel perilaku seperti pola penggunaan, loyalitas, kebutuhan, dan perilaku pembelian.
Penjelasan
Segmentasi pasar dibagi menjadi bagian atau segmen yang memiliki karakteristik yang mirip satu sama lain dan berbeda dari karakteristik konsumen di segmen lain. Segmentasi pasar konsumen melibatkan pembagian pasar menjadi kelompok yang berbeda berdasarkan fitur perilaku, demografis, dan psikografis customer.1. Variabel Demografis: Pembagian berdasarkan demografi meliputi batasan usia, jenis kelamin, pendapatan, estimasi tipikal kekeluargaan, dan lainnya.2. Variabel Psikografis: Termasuk nilai-nilai, sikap, dan gaya hidup yang juga bisa menjadi dasar untuk memisahkan pasar.3. Variabel Perilaku: Karakteristik ini meliputi pola penggunaan, penilaian loyalitas, manfaat yang ditemukan, perilaku pembelian dan lainnyaMasing-masing segmen ini mengidentifikasi sekelompok konsumen dengan preferensi yang mirip dan memastikan para pemasar menerapkan strategi yang relevan untuk melibatkan setiap kelompok pemirsa secara efisien. Bagaimanapun, harus diingat bahwa perusahaan tidak harus memenuhi semua segmen dalam pasar target mereka.