Pertanyaan
1. Berikut metode yang bukan merupakan salah satu metode penyebaran Islam di Indonesia adalah __ A. melalui jalur mataram B. melalui jalur sastra dan budaya C. melalui jalur perdagangan D. melalui jalur kesultanan 4. Ada berbagai cara untuk mengetahui jumlah penduduk Perhitungan resmi jumlah penduduk suatu negara yang dilakukan oleh pemerintah dalam jangka waktu tertentu disebut . __ A. sensus penduduk B. registrasi penduduk C. survei penduduk D. research penduduk 5. Pusat penyebaran Islam di wilayah Indonesia pada abad ke -16 hingga abad ke -19 adalah __ A. Kesultanan Aceh B. Kesultanan Mataram C. Kesultanar Banten D. Kesultanar Demak
Solusi
Jawaban
A. melalui jalur Mataram****
Penjelasan
** Jalur Mataram merupakan *pusat* penyebaran Islam, bukan *metode* penyebarannya. Islam menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia melalui berbagai metode, termasuk perdagangan, dakwah (melalui jalur kesultanan dan ulama), dan asimilasi budaya (sastra dan seni). Mataram sendiri menjadi pusat kekuasaan Islam yang berpengaruh, tetapi bukan metode penyebarannya.**4. Ada berbagai cara untuk mengetahui jumlah penduduk. Perhitungan resmi jumlah penduduk suatu negara yang dilakukan oleh pemerintah dalam jangka waktu tertentu disebut . __****Jawaban: A. sensus penduduk****Penjelasan:** Sensus penduduk adalah penghitungan resmi penduduk yang dilakukan secara menyeluruh dan periodik oleh pemerintah. Registrasi penduduk merupakan pencatatan penduduk secara terus-menerus, survei penduduk merupakan pengambilan sampel data penduduk, dan research penduduk merupakan penelitian yang lebih spesifik mengenai aspek-aspek tertentu dari penduduk.**5. Pusat penyebaran Islam di wilayah Indonesia pada abad ke-16 hingga abad ke-19 adalah __****Jawaban: Tidak ada satu jawaban yang sepenuhnya tepat.****Penjelasan:** Pertanyaan ini agak menyesatkan karena beberapa kesultanan berperan penting dalam penyebaran Islam di Indonesia pada periode tersebut. Kesultanan Demak, Banten, dan Mataram semuanya memainkan peran signifikan. Kesultanan Aceh juga berpengaruh, tetapi lebih terfokus di wilayah Sumatera. Tidak ada satu kesultanan yang dapat disebut sebagai *pusat* tunggal penyebaran Islam di seluruh Nusantara pada periode tersebut. Jawaban yang paling mendekati adalah **B. Kesultanan Mataram**, karena pengaruhnya yang luas, tetapi perlu diingat bahwa penyebaran Islam merupakan proses yang kompleks dan melibatkan banyak aktor.