Pertanyaan

26. Setiap negara memilik konstitusi untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan dan negara serta hak dan kewajiban warga negaranya merupakan penggolongan hukum dari undang-undang dasar (UUD) yaitu sebagai hukum __ A. nasional, acara,dan tertulis B. tidak tertulis, publik,dan acara C. privat, tidak tertulis,dan internasional D. tertulis, publik, dan nasional E. lokal, privat, dan acara 27. Tingkat ketaatan hukum ditunjukkan melalui sikap dan perilaku disiplin. Motivasi ketaatan hukum yang diharapkan warga negara ialah um karena __ A. dipaksa oleh keadaan C. kebiasaan masyarakat D. tekut pada E. malu pada petugas 28. Perilaku taat diterapkan di berbagai lingkungan seperti keluarga , sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara Berikut ini merupakan contoh perilaku taat hukum di lingkung an masyarakat yaitu __ A. menjaga hubungan baik dengan tetangga B. tanggap terhadap penyebaran berita bohong (hoaks) C. melaksanakan piket kelas D. mematuhi prosedur dalam pembuatan SIM E. membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku 29. Akibat yang ditimbulkan apabila tidak berperilaku disiplin terhadap norma dan peraturan hukum yang berlaku yaitu __ A. mengganggu tata pergaulan yang harmonis B. meresahkan kehidupan yang aman dan nyaman C. menjadi perhatian aparat penegak hukum D. dikenalluas oleh anggota masyarakat E. berkurangnya rasa simpat dalam pertemanan 30 Perhatikan pilihan berikut! 1) Memanfaatkan celah kelemahan hukum yang berlaku 2) Merebaknya jenis dan bentuk pelanggaran hukum 3) Hak dan kewajiban dipahami dengan baik 4) Besarnya kepercayaan terhadap aparat penegak hukum 5) Penegakan hukum dilakukan tanpa diskriminasi Berdasarkan pilihan di atas ciri-ciri seseorang atau masyarakat memiliki tingkat kesadaran hukum yang tinggi ditunjukkan pada nomor __ A. 1),2),3) B. 1),2),4) C. 1),4),5) E. 3), 4),5) 31. Perbedaan norma hukum dengan norma-norma yang lain terletak pada sanksinya, yaitu. __ A. denda dan cemoohan B. pidana dan pengucilan C. bersifat jelas dan tegas D. berupa hukuman penjara Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS)Pendidikan Pancasila KelasXTahun hun 2024/2025 E. hukuman pidana yang berat 32. Segala produk hukum dan peraturan perundang -undangan, baik secara tertulis maupun tidak tertulis, menjadi pedoman dalam berbangsa dan bernegara serta dalam hubungan bermasyarakat semuanya harus bersumber pada __ A. UUD NRI Tahun 1945 B. Pancasila C. Norma hukum D. Falsafah bangsa E. Nilai luhur bangsa Indonesia 33. Norma hukum merupakan bagian dari norma yang berlaku di masyarakat. Norma hukum mengatur tentang apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Contoh norma hukum di lingkungan sek olah, yaitu. __ A. Kode etik guru B. Keyakinan kelas C. Peraturan kelas D. Janji siswa siswe. 34. Berdasarkan masalah yang diatur atau isinya hukum dibagi menjadi dua yaitu hukum privat dan hukum publik, yang dimaksud hukum publik adalah __ A. Hukum hubungan antara negara dengan individu yang menyangkut kepentingan umum B. Hukum yang hubungan antara warga negara dengan lembaga keuangan C. Hukum yang berlaku secara internasional D. Hukum yang disusun oleh lembaga swadaya masyarakat E. Hukum yang bersifat tidak tertulis dan berlaku di masyarakat adat 35. Perilaku kesadaran hukum diterapkan di seperti keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara Berikut ini merupakan contoh perilaku kesadaran hukum dilingkungan sekolah yaitu __ A. Tidak terlambat masuk sekolah B. Mengikuti semua kegiatan ekstrakurikuler Mempelajari materi hukum internasional C. D. Menghindari pemilihan ketua OSIS F. Melaporkan setian kesalahan auru

Solusi

Terverifikasi Ahli
4 (196 Suara)
Sonia elit ยท Tutor selama 8 tahun

Jawaban

26. **D. tertulis, publik, dan nasional**Undang-Undang Dasar (UUD) merupakan hukum tertulis (karena tertuang dalam dokumen resmi), publik (karena mengatur hubungan antara negara dan warga negara, serta mengatur kepentingan umum), dan nasional (karena berlaku di tingkat nasional, yaitu seluruh wilayah negara).27. **Tidak ada jawaban yang tepat di pilihan.** Motivasi ketaatan hukum yang ideal adalah karena kesadaran akan pentingnya aturan untuk ketertiban dan kebaikan bersama, bukan karena paksaan, kebiasaan, takut, atau malu. Pilihan-pilihan yang ada kurang tepat merepresentasikan motivasi ideal.28. **E. membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku**Membayar pajak merupakan kewajiban warga negara dan contoh nyata ketaatan hukum di lingkungan masyarakat. Pilihan lain lebih berkaitan dengan etika sosial atau aturan internal lembaga, bukan hukum negara.29. **A. mengganggu tata pergaulan yang harmonis** & **B. meresahkan kehidupan yang aman dan nyaman**Kedua pilihan ini benar. Ketidakdisiplinan terhadap norma dan peraturan hukum akan mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat. Pilihan lain kurang tepat karena tidak selalu menjadi konsekuensi langsung dari ketidakdisiplinan.30. **E. 3), 4), 5)**Ciri-ciri kesadaran hukum yang tinggi meliputi pemahaman hak dan kewajiban (3), kepercayaan pada penegak hukum (4), dan penegakan hukum yang adil tanpa diskriminasi (5). Pilihan 1 dan 2 menunjukkan rendahnya kesadaran hukum.31. **C. bersifat jelas dan tegas**Perbedaan utama norma hukum dengan norma lain terletak pada sanksi yang jelas dan tegas. Sanksi hukum bersifat formal dan diatur dalam peraturan perundang-undangan, berbeda dengan sanksi sosial yang lebih informal dan bervariasi.32. **B. Pancasila**Segala produk hukum dan peraturan perundang-undangan di Indonesia harus bersumber pada Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional.33. **C. Peraturan kelas**Peraturan kelas merupakan contoh norma hukum di lingkungan sekolah karena mengatur perilaku siswa dan memiliki sanksi jika dilanggar.34. **A. Hukum hubungan antara negara dengan individu yang menyangkut kepentingan umum**Hukum publik mengatur hubungan antara negara dengan warga negara atau antar lembaga negara, yang menyangkut kepentingan umum.35. **A. Tidak terlambat masuk sekolah**Tidak terlambat masuk sekolah menunjukkan ketaatan terhadap peraturan sekolah dan merupakan contoh perilaku kesadaran hukum di lingkungan sekolah.