Pertanyaan
Guru kelas V hendak melakukan kegiatan praktikum mengena ekosistem. Uraikan KPS (Keterampilan Proses Sains) yang akar dilakukan siswa!
Solusi
Jawaban
Berikut adalah KPS (Keterampilan Proses Sains) yang dapat dilakukan siswa dalam kegiatan praktikum ekosistem kelas V:**1. Mengamati*** **Keterampilan:** Melihat, mendengar, merasakan, mencium, dan mencicipi dengan cermat untuk mengumpulkan data tentang ekosistem.* **Contoh:** * Mengamati jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di ekosistem tersebut. * Mengamati interaksi antara makhluk hidup di ekosistem tersebut. * Mengamati kondisi fisik lingkungan, seperti suhu, kelembapan, dan cahaya.**2. Mengklasifikasikan*** **Keterampilan:** Mengelompokkan objek berdasarkan ciri-ciri yang sama.* **Contoh:** * Mengklasifikasikan tumbuhan berdasarkan jenisnya (pohon, semak, rumput). * Mengklasifikasikan hewan berdasarkan jenis makanannya (herbivora, karnivora, omnivora). * Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan habitatnya (darat, air).**3. Mengukur*** **Keterampilan:** Menggunakan alat ukur untuk mendapatkan data kuantitatif tentang ekosistem.* **Contoh:** * Mengukur tinggi pohon menggunakan meteran. * Mengukur suhu air menggunakan termometer. * Mengukur luas area ekosistem menggunakan pita ukur.**4. Menginterpretasi*** **Keterampilan:** Menjelaskan makna data yang diperoleh dari pengamatan dan pengukuran.* **Contoh:** * Menjelaskan hubungan antara jenis tumbuhan dan hewan di ekosistem. * Menjelaskan pengaruh kondisi fisik lingkungan terhadap kehidupan makhluk hidup. * Menjelaskan peran manusia dalam menjaga kelestarian ekosistem.**5. Mengkomunikasikan*** **Keterampilan:** Menyampaikan hasil pengamatan dan interpretasi secara lisan, tertulis, atau melalui media lain.* **Contoh:** * Menyusun laporan tertulis tentang hasil praktikum. * Mempresentasikan hasil praktikum di depan kelas. * Membuat poster atau video tentang ekosistem.**6. Meramalkan*** **Keterampilan:** Menebak atau memprediksi apa yang akan terjadi berdasarkan data yang diperoleh.* **Contoh:** * Meramalkan dampak perubahan iklim terhadap ekosistem. * Meramalkan pengaruh pencemaran terhadap kehidupan makhluk hidup di ekosistem.**7. Mengajukan pertanyaan*** **Keterampilan:** Mengajukan pertanyaan yang relevan dengan topik yang sedang dipelajari.* **Contoh:** * Mengapa jenis tumbuhan di ekosistem ini berbeda dengan ekosistem lainnya? * Bagaimana cara manusia menjaga kelestarian ekosistem?**8. Merencanakan dan melakukan percobaan*** **Keterampilan:** Merancang dan melakukan percobaan untuk menguji hipotesis.* **Contoh:** * Merancang percobaan untuk menguji pengaruh pupuk terhadap pertumbuhan tanaman. * Merancang percobaan untuk menguji pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman.**9. Menarik kesimpulan*** **Keterampilan:** Menyimpulkan hasil percobaan dan menghubungkannya dengan teori yang telah dipelajari.* **Contoh:** * Menyimpulkan bahwa pupuk dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman. * Menyimpulkan bahwa cahaya diperlukan untuk pertumbuhan tanaman.**10. Mencari informasi*** **Keterampilan:** Mencari informasi dari berbagai sumber, seperti buku, internet, dan orang ahli.* **Contoh:** * Mencari informasi tentang jenis-jenis ekosistem di Indonesia. * Mencari informasi tentang cara menjaga kelestarian ekosistem.Dengan melakukan kegiatan praktikum yang melibatkan KPS di atas, siswa diharapkan dapat memahami konsep ekosistem secara lebih mendalam dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.