Pertanyaan

Di tengah persaingan sektor Industri jamu yang semakin ketat, PT. Industri Jamu dan Farmasi Sehat Mantap Tbk telah berhasil memiliki market share terluas dan reputasi yang baik sebagai industri jamu terbesar di Indonesia Keberhasilan yang telah dicapai saat ini tentunya tidak terlepas dari peran dan pelaku pendiri industri ini. Perusahaan yang kini sudah berhasil Go Public masuk Bursa Efek Indonesia itu dilalui melalui perjalanan yang cukup panjang. Pendiri perusahaan, yaitu Bapak Suwandi Partoatmodjo, telah memulai usahanya pada tahun 1949. Awal berdiri, produksi hanya ditakukan di rumah dengan mempekerjakan tiga orang karyawan. Fokus produksi saat itu adalah jamu anti masuk angin dalam bentuk serbuk Produk ini mendapat tempat di hati masyarakat sekitar dan pun terus meningkat. Seiring waktu berjalan Sehat Mantap semakin memperluas usahanya dan mulai mendirikan pabrik moderen pada tahun 2000. Sampai saat ini, Sehat Mantap selalu pada diversifikasi produk dengan secara terus menerus melakukar research and development untuk menghasilkan produk-produk baru yang berkualitas tinggi Oleh karena itu, sejak tahun 2017 telah dibuat divis baru yaitu "divisi food" yang bertugas menghasilkan berbagai produk pangan sehat yang langsung dapat dikonsumsi. Saat ini, beberapa produk yang telah dihasilkan antara lain minuman energi Gatotkaca permen jahe Anget Sari Minuman Sarivit C, Kopi jahe Anget Sari, dan Kopi Ginseng Sehat Mantap. Pada awal tahun 2020, perusahaan telah meluncurkan satu produk baru yaitu mie instan Sehat Mantap. Mie ini memiliki keunggulan terbuat dari tepung gandum murni yang diimport dari Australia serta dilengkapi dengan bumbu kering asli tanpa bahan pengawet. Sejak pertama kali diluncurkan sampai saat ini, penjualan Mie Sehat Mantap masih sangat Lambat. Penyebab lambatnya pertumbuhan penjualan ini kemungkinan adalah karena Mie Sehat Mantap masih sangat baru sehingga konsumen belum menyadari tersedianya produk tersebut dan belum ada pesaing yang mampu menciptakan produk sejenis yang memasuki pasar sehingga jumlah produk juga masih terbatas di pasar. Pertumbuhan penjualan yang lambat di awal peluncuran produk telah diperkirakan oleh perusahaan karena mengubah pola pikir dan kebiasaan masyarakat adalah yang paling sulit dalam pemasaran produk baru.Masyarakat masih memilih produk yang sudah dikenal dan masih enggan untuk mencoba produk baru.Untuk itu, perusahaan melakukan promosi besar-besaran melalui berbagai media, antara lain melalui televisi, radio, dan online untuk memperkenalkan mie instan yang sehat kepada calon konsumen.Untuk menarik minat konsumen perusahaan membuat kemasan kecil yang cukup diseduh dengan air panas dan dapat langsung dikonsumsi. Dengan demikian harga jual yang ditawarkan pun juga tidak terlalu mahal yang diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk membeli mie Sehat Mantap. Pengembangan produk Mie Sehat Mantap memang membutuhkan yang sangat matang, termasuk dalam hal perencanaan sumber daya manusia. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja pad Divisi Food, manajer SDM PT.Sehat Mantap melakukan analisis jabatan terhadap semua lini pekerjaan. Analisis jabatan yang dilakukan bertujuan agar dapat menilai secara spesifik apa yang menjadi tugas utama sebuah jabatan dan target luaran yang ingin dicapai. Hal ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan hasil kerja setiap individu, sehingga target perusahaan dapat tercapai Langkah pertama yang dilakukan adalah mengidentifikasi kompetensi-kompetensi yang diperlukan setiap individu dalam melaksanakan pekerjaan, misalnya kepemilikan sertifikat yang mendukung, dll Pemetaan kompetensi ini sangat diperlukan agar dapat dicapai target perusahaan karena pekerja lebih produktif dalam bekerja sesuai dengan kompetensi masing- masing. Untuk itu, analisis ini ditekankan pada kompetensi yang harus dimiliki setiap karyawan yang menduduki jabatan atau posisi tertentu dengan tugas atau pekerjaan tertentu pula. Agar diperoleh data yang akurat,metode analisis jabatan yang digunakan adalah mengkombinasikan dua metode yaitu pertama adalah dengan melakukan pengamatan terhadap setiap posisi yang ada saat ini untuk menilai pekerjaan-pekerjaan yang ada dan target yang harus dicapai. Selanjutnya. pihak manajemen mendatangi setiap lini pekerjaan dan melakukan tanya jawab dengan karyawan untuk menggali kompetensi yang diperlukan dengan tugas yang harus diselesaikan. Metode ini memakan waktu yang cukup lama, namun pihak manajemen menggunakan metode ini untuk memperoleh data yang lebih akurat dengan melakukan tanya jawab langsung dengan karyawan serta mengamati pelaksanaan tugas karyawan. PERTANYAAN: 1.Jenis analisis jabatan apakah yang diterapkan pihak manajemen PT. Sehat Mantap? Jelaskan jawaban Saudara! 2. Metode analisis jabatan apa saja yang diterapkan pihak manajemen PT. Sehat Mantap dalam melaksanakan analisis jabatan tersebut? Jelaskan jawaban Saudara!

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.6 (286 Suara)
Satish profesional ยท Tutor selama 6 tahun

Jawaban

**1. Jenis analisis jabatan yang diterapkan pihak manajemen PT. Sehat Mantap adalah Analisis Jabatan Deskriptif.**Analisis Jabatan Deskriptif adalah jenis analisis jabatan yang berfokus pada deskripsi tugas, tanggung jawab, dan persyaratan pekerjaan. Metode ini bertujuan untuk memahami secara detail apa yang dilakukan oleh setiap jabatan, bagaimana cara melakukannya, dan apa yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut. **2. Metode analisis jabatan yang diterapkan pihak manajemen PT. Sehat Mantap dalam melaksanakan analisis jabatan tersebut adalah:*** **Metode Observasi:** Pihak manajemen melakukan pengamatan langsung terhadap setiap posisi yang ada saat ini untuk menilai pekerjaan-pekerjaan yang ada dan target yang harus dicapai. Metode ini memungkinkan mereka untuk melihat secara langsung bagaimana pekerjaan dilakukan dan apa saja kendala yang dihadapi.* **Metode Wawancara:** Pihak manajemen melakukan tanya jawab dengan karyawan untuk menggali kompetensi yang diperlukan dengan tugas yang harus diselesaikan. Metode ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan informasi langsung dari karyawan tentang tugas, tanggung jawab, dan persyaratan pekerjaan yang sebenarnya mereka alami.**

Penjelasan

**PT. Sehat Mantap menggabungkan kedua metode ini untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan komprehensif. Metode observasi memberikan gambaran objektif tentang pekerjaan yang dilakukan, sementara metode wawancara memberikan informasi subjektif dari karyawan tentang pengalaman dan kebutuhan mereka. Kombinasi kedua metode ini memungkinkan PT. Sehat Mantap untuk mendapatkan pemahaman yang lebih lengkap tentang setiap jabatan dan persyaratannya.