Pertanyaan
3 Bu Winda adalah guru kelas IV, Setelah melakukan aktivitas pembelajaran .Bu Winda melakukan test sumatif Setelah dianalisis dari 26 peserta didik kelas IV ada 6 orang yang belum mencapai KKM yang sudaah ditentukan untuk kompetensi itu ., Untuk mengatasi hal tersebut bu Winda melakukan pendekatan dengan peserta didik tersebut untuk menggali informasi kesulitan peserta didik dalam menguasai materi pembelajiran Berdasarkan hasil data yang diperoleh bu Winda maka bu Winda merancang kegitan belajar tambahan bagi ke 6 peserta didik tersebut setelah melakukan bimbingan terhadap kompetensi yang belum dicapai siswa melalui pembelajaran tabahan ,maka bu Winda melakukan penilaian untuk mengkaji kemajuan peserta didik. Dari ilustari aktivitas pembelajarn tersebut : a. Apakah Langkah-langkah yang dilakukan bu Winda terhadap 6 peserta didik tersebut merupakan kegiatan Remidial ? Tuliskan alassan yang memperkuat pendapat anda! 4. b. Jika dari 26 peserta didik kelas IV tersebut terdapat 5 orang yang mendapat nilai melampai KKM Tuliskan pendapat anda Tindakan apa yang sebaiknya dilakukan bu Winda terhadap 5 peserta didik tersebut!
Solusi
Jawaban
**a. Apakah Langkah-langkah yang dilakukan Bu Winda terhadap 6 peserta didik tersebut merupakan kegiatan Remidial? Tuliskan alasan yang memperkuat pendapat Anda!**Ya, langkah-langkah yang dilakukan Bu Winda terhadap 6 peserta didik yang belum mencapai KKM merupakan kegiatan remidial. Berikut alasannya:* **Identifikasi Kesulitan:** Bu Winda melakukan pendekatan dan menggali informasi untuk mengidentifikasi kesulitan spesifik yang dialami masing-masing siswa. Ini merupakan langkah penting dalam remidiasi, karena penanganan yang efektif harus didasarkan pada pemahaman akar permasalahan.* **Pembelajaran Tambahan:** Bu Winda merancang kegiatan belajar tambahan yang terfokus pada kompetensi yang belum dikuasai keenam siswa tersebut. Ini menunjukkan adanya upaya perbaikan dan penguatan pemahaman materi yang belum tuntas.* **Penilaian Kembali:** Setelah memberikan bimbingan dan pembelajaran tambahan, Bu Winda melakukan penilaian kembali untuk mengkaji kemajuan siswa. Penilaian ini bertujuan untuk memastikan efektivitas kegiatan remidial dan melihat apakah siswa sudah mencapai KKM.Kegiatan remidial bertujuan untuk membantu siswa yang belum mencapai KKM agar dapat menguasai kompetensi dasar yang telah ditentukan. Langkah-langkah Bu Winda mencerminkan proses remidial yang sistematis dan terarah, mulai dari identifikasi masalah, pemberian pembelajaran tambahan yang tertarget, hingga evaluasi hasil belajar.**b. Jika dari 26 peserta didik kelas IV tersebut terdapat 5 orang yang mendapat nilai melampaui KKM, tuliskan pendapat Anda, tindakan apa yang sebaiknya dilakukan Bu Winda terhadap 5 peserta didik tersebut!**Kelima siswa yang melampaui KKM menunjukkan pemahaman yang baik terhadap materi. Bu Winda sebaiknya memberikan pengayaan (enrichment) bagi kelima siswa tersebut. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan antara lain:* **Pemberian Tugas yang Lebih Menantang:** Memberikan tugas atau proyek yang lebih kompleks dan menantang, yang mendorong mereka untuk berpikir kritis dan kreatif, serta mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Contohnya, proyek penelitian kecil, presentasi, atau pembuatan karya tulis yang berkaitan dengan materi pelajaran.* **Penggunaan Sumber Belajar yang Lebih Maju:** Memberikan akses kepada sumber belajar yang lebih maju dan kompleks, seperti buku referensi tingkat lebih tinggi, artikel ilmiah yang sesuai usia, atau software edukatif yang menantang.* **Peluang untuk Mengembangkan Minat:** Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi minat mereka yang berkaitan dengan materi pelajaran. Misalnya, jika siswa tertarik pada sains, Bu Winda dapat memberikan kesempatan untuk melakukan eksperimen sains yang lebih kompleks atau mengikuti kompetisi sains.* **Program Akselerasi (jika memungkinkan):** Jika sekolah memungkinkan, Bu Winda dapat mempertimbangkan program akselerasi bagi siswa yang menunjukkan potensi akademik yang sangat tinggi.Tujuan dari pengayaan adalah untuk memberikan stimulasi intelektual yang sesuai dengan kemampuan siswa yang sudah menguasai materi, sehingga mereka tetap tertantang dan terus berkembang. Hal ini penting untuk mencegah kebosanan dan memastikan bahwa semua siswa, termasuk yang berprestasi tinggi, mendapatkan pembelajaran yang optimal.