Pertanyaan
wec I. Berilah tanda silang (x) huruf a, b,c, d, atau e pada jawaban yang paling benarl 1. Berikut tujuan utama memberikan kemasan pada produk adalah __ a. sebagai wadah atau pembungkus b penjualan c. melindungi serta mencegah adanya kerusakan atas produk yang dijual d. sarana informasi dan pemasaran yang baik e. mencegah adanya tindak pencurian 2. Kemasan adalah salah satu fitur yang mampu meningkatkan kenyamanan , distribusi penanganan, penjualan , tampilan pembukaan , penutup,penggunaan dan lain-lain , merupakan tujuan pelabelan kemasan yaitu __ a. marketing b. convenience c. reducing theft d. information transmission e. barrier protection 3. Salah satu fungsi kemasan sebagai salah satu alat pemasaran adalah consumer offluence. Penjelasan yang tepat mengenai fungsi tersebut adalah __ HOTS a. kemasan harus menarik,menyebutkar ciri-ciri produk meyakinkan konsumen, dan memberikan kesan menyeluruh yang produk b. cara kemasan yang inovatif akan bermanfaat bagi konsumen dan juga memberi keuntungan bagi produsen c. perusahaar mengenal baik kekuatan yang dikandung dari kemasan yang dirancang dengan cepat dalam mempecepat konsumen mengenali perusahaan atau merek produk d. semakin unik dan atraktif kemasan yang digunakan suatu produk e. konsumen bersedia membayar lebih mahal bagi kemudahan,penampilan,ketergantungan dan prestise dari kemasan yang lebih baik 4. Berikut kelebihan dari kemasan fleksibel adalah __ a. bahan baku yang diperlukan lebih sedikit dibandingkan dengan kemasan karton tradisional b. kemasan yang memiliki ketahanan suhu tinggi yang terbuat dari logam dan gelas c. kemasan yang memiliki tingkat kontaminasi , sehingga kebersihannya perlu diperhatikan d ruang dan kebebasan dalam menentukan e memengaruhi konsumen untuk memberikan respons positif tanpa disadarinya 5. Kemasan yang cocok digunakan untuk bahan pangan yang mengandung lemak dan vitamin tinggi, serta makanan hasil adalah kemasan __ a. tahan cahaya b. hermetis c. fleksibel d. tahan suhu tinggi e. kaku 6. Perhatikan beberapa fungsi berikut! 1) Menciptakan suatu citra dalam mengembangkan produknya. 2) Memberikan pengaruh. 3) Menandakan keaslian suatu merek. 4) Tidak mengandung konotasi yang negatif. 5) Perbandingan ukuran yang serasi. 7)Menggabungka in asosiasi tertentu terhadap produknya. 8) Titik pandang yang menjadikan suatu unsur yang paling menarik. Fungsi dari pemilihan warna ditunjukkan oleh nomor __ HOTS a. 1,2,3 dan 4 d. 2,5,7 dan 8 b. 1,2,6, dan 7 c. 3,4,6,dan 8 e. 4,5,6, dan 7 7. Konsep dari desain awal di mana mpertimbangkan bagaimana membaca desain kemasan. Posisi nama merek relatif terhadap nama produsen dan teks rasa , ragam, dan manfaat produk adalah __ a pengembangan logo
Solusi
Jawaban
## Jawaban Soal KemasanBerikut adalah jawaban untuk soal-soal tentang kemasan:**1. Berikut tujuan utama memberikan kemasan pada produk adalah __****c. melindungi serta mencegah adanya kerusakan atas produk yang dijual****Penjelasan:** Tujuan utama kemasan adalah untuk melindungi produk dari kerusakan selama proses produksi, penyimpanan, transportasi, dan distribusi. **2. Kemasan adalah salah satu fitur yang mampu meningkatkan kenyamanan , distribusi,penanganan,penjualan , tampilan,pembukaan , penutup,penggunaan , dan lain-lain merupakan tujuan pelabelankemasan yaitu __****b. convenience****Penjelasan:** "Convenience" (kenyamanan) merujuk pada kemudahan penggunaan, penanganan, dan pembukaan kemasan. **3. Salah satu fungsi kemasan sebagai salah satu alat pemasaran adalah consumer offluence.Penjelasan yang tepat mengenai fungsi tersebut adalah __ HOTS****e. konsumen bersedia membayar lebih mahal bagi kemudahan penampilan,ketergantungandan prestise dari kemasan yang lebih baik****Penjelasan:** "Consumer affluence" mengacu pada kecenderungan konsumen untuk membayar lebih untuk produk dengan kemasan yang lebih menarik, prestisius, dan berkualitas tinggi. **4. Berikut kelebihan dari kemasan fleksibel adalah __****a. bahan baku yang diperlukan lebih sedikit dibandingkan dengan kemasan karton tradisional****Penjelasan:** Kemasan fleksibel umumnya menggunakan bahan baku yang lebih sedikit dibandingkan dengan kemasan karton tradisional, sehingga lebih hemat biaya.**5. Kemasan yang cocok digunakan untuk bahan pangan yang mengandung lemak dan vitamin tinggiserta makanan hasil adalah kemasan __****a. tahan cahaya****Penjelasan:** Kemasan tahan cahaya melindungi makanan dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, yang dapat merusak lemak dan vitamin.**6. Perhatikan beberapa fungsi berikut!1) Menciptakan suatu citra dalam mengembangkan produknya.2) Memberikan pengaruh.3) Menandakan keaslian suatu merek.4) Tidak mengandung konotasi yang negatif.5)Perbandingan ukuran yang serasi.6)minat dalam mode.7)Menggabungka n asosiasi tertentu terhadap produknya.8) Titik pandang yang menjadikan suatu unsur yang paling menarik.Fungsi dari pemilihan warna ditunjukkan oleh nomor __ HOTS****b. 1,2,6 dan 7****Penjelasan:** Warna dalam kemasan memiliki peran penting dalam menciptakan citra produk, memberikan pengaruh pada konsumen, mengikuti tren mode, dan mengasosiasikan produk dengan nilai tertentu.**7. Konsep dari desain awal di mana perlunya mempertimbangkan bagaimana membaca desainkemasan. Posisi nama merek relatif terhadap nama produsen dan penempatan teks rasa , ragam,dan manfaat produk adalah __****a. pengembangan logo****Penjelasan:** Konsep ini lebih merujuk pada desain grafis dan tata letak elemen visual pada kemasan, bukan pengembangan logo. **Catatan:** Pengembangan logo adalah bagian dari desain kemasan, tetapi tidak mencakup semua aspek yang disebutkan dalam pertanyaan.