Pertanyaan

5. Bu Yuli sedang mempersiapkan bahan pembelajaran IPS yang akan digunakan di kelas Topik materi hari itu adalah "Kenampakan Alam dan Buatan, serta Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia. Seperti biasa sebelum mengajar Bu Yuli mencermati materi dengan seksama untuk menemukan kategori ranah dan level berpikir yang diharapkan dapat dikuasai siswa setelah mempelajari materi. Tetapi, karena materinya baru, Bu Yuli merasa perlu berdskusi sehingga pengkategorian yang dihasilkan tepat sasaran. Bantulah Bu Yuli mengkategorikan materi tersebut dalam bentuk tabel!

Solusi

Terverifikasi Ahli
4 (295 Suara)
Tanmay profesional ยท Tutor selama 6 tahun

Jawaban

**| **Kategori Ranah** | **Level Berpikir** | **Indikator Pembelajaran** ||---------------------|---------------------|-----------------------------|| **Konten** | Memahami | Siswa dapat menjelaskan konsep kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia. || **Keterampilan** | Menerapkan | Siswa dapat mengidentifikasi dan memberikan contoh kenampakan alam dan buatan di lingkungan sekitar. || **Afektivis** | Sikap dan Nilai | Siswa menunjukkan minat dan apresiasi terhadap keberagaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia. |**

Penjelasan

**1. **Konten:** Fokus pada pemahaman siswa tentang konsep dasar kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia.2. **Keterampilan:** Mengembangkan keterampilan siswa dalam mengidentifikasi dan memberikan contoh nyata dari kenampakan alam dan buatan.3. **Afektivis:** Mendorong siswa untuk memiliki minat dan apresiasi terhadap topik yang dipelajari, sehingga mereka lebih terlibat dalam proses pembelajaran.