Pertanyaan

lika dalam kurikulum informatika untuk elemen BK terdapat tujuan pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk dapat mampu memahami objek-objek dan instruksi dalam sebuah lingkungan pemograman blok (visual) untuk mengembangkan program visual sederhana berdasarkan contoh-contoh yang diberikan, mengembang kan karya digital kreatif (game, animasi, atau presentasi). Di bawah ini adalah alternatif indikator kompetensi yang dapat dikembangkan agar pembelajaran dapat berbasis HOTS dari CP tersebut, kecuali __ Peserta didik mampu mengunakan instruksi dalam pemograman blok untuk program sederhana Peserta didik mampu mendesain program visual sederhana menggunakan visual programming Peserta didik mampu mengembangkan program visual sederhana Peserta didik mampu merancang karya digital kreatif dengan visual programming

Solusi

Terverifikasi Ahli
4 (272 Suara)
Anika profesional ยท Tutor selama 6 tahun

Jawaban

The answer is **Peserta didik mampu mengunakan instruksi dalam pemograman blok untuk program sederhana**.Here's why:* **HOTS (Higher Order Thinking Skills)** focus on analysis, evaluation, and creation. They go beyond basic recall and understanding.* **The incorrect indicator** focuses on basic understanding and application of instructions. It doesn't require higher-level thinking like analysis, evaluation, or creation.* **The other indicators** all require higher-level thinking: * **Peserta didik mampu mendesain program visual sederhana menggunakan visual programming:** This requires analysis and design skills. * **Peserta didik mampu mengembangkan program visual sederhana:** This involves applying knowledge and creating a solution. * **Peserta didik mampu merancang karya digital kreatif dengan visual programming:** This involves creativity, problem-solving, and evaluation.**Therefore, the indicator that does not align with HOTS is the one that focuses on simply using instructions.**