Pertanyaan

Kerjakan dengan penun keyakinan dân percaya din : 1. Perhatikan skenario pembelaja ran di bawah ini? Pak Indra, guru kelas V di suatu sekolah dasar Pada suatu hari dia mengajarkan mata pelajaran IPA dengan topik Ciri-ciri Makhlus Hidup dengan langkah -langkah sebagai berikut Tujuan Pembelajarannya melalui tanya jawab dan diskusi kelompok, siswa dapat menyebutkan minimalnya 3 cin dari makhluk hidup Mengawali pembelaj:tran Pak Indra melakukan tanyajawab untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan awal siswanya sebelum maten dibenkan Setelah dapat menyimpull an bahwa ada setengah dari jumlah siswa kelas V yang sudah memiliki pengetahuan awal tentang ciri-cin makhluk hidup Kemudian langkah selanjutnya, Pak Indra memberikan penjelasan singkat tentang topik , kompetensi yang diharapkan, dan prosedur pembelajaran yang akan dilakukan Selanjutnya, setiap kelompok diberi lembar kerja siswa untuk pedoman dalam memecahkan masalah yang diberikan oleh guru. Kemudian , siswa diarahkan untuk keluar kelas mencari tumbuhan , binatang dan lain sebagainya terkait dengan yang diperintakan di LKS Di bawah bimbingan guru setiap kelompok siswa dengan penuh perhatian melakukan analisis tentang ciri-cin makhluk hidup Setelah pertanyaan pertanyaan yang terdapat di lembar kerja siswa terjawab semua sampai pada kesimpulan, maka setiap kelompok mempertang zungjawabkan hasil dari pengamatan dan diskusinya di depan kelas Kemudian kelompok yang lainnya dapat menanggapt Setelah semua kelompok mempersentasi can hasil diskusinya maka guru dan siswa bersama -sama menyimpul kan materi tentang ciri -ciri makluk hidup Kegiatan pembelaj aran diakhin dengan mengerjakan soal tes. Sesuai dengan pengetahuan yang Anda miliki tentang konsep pendekatan strategi metode, dan teknik perabelajaran, maka a. Pendekatan apa yang diterapkan Pak Indra dalam pembelajarar tersebut? Jelaskan! b. Strategi dan metode dan teknik pembelajaran apa yang digunakan Pak Indra dalam pembelajaran tersebut? Jelaskan! 2. Rancanglah sebuah kegiatan belajar dengan menerapkan Teori Insight dimana teori ini menekankan kepada siswa belajar berdasarkan lingkungan sekitar!

Solusi

Terverifikasi Ahli
3.8 (229 Suara)
Sarika elit · Tutor selama 8 tahun

Jawaban

a. Pendekatan yang diterapkan Pak Indra dalam pembelajaran tersebut adalah pendekatan kontekstual.b. Strategi dan metode pembelajaran yang digunakan Pak Indra dalam pembelajaran tersebut adalah strategi pembelajaran kooperatif dan metode pembelajaran diskusi kelompok. Teknik pembelajaran yang digunakan adalah teknik pembelajaran tanya jawab dan teknik pembelajaran pengamatan.2. Kegiatan belajar yang dapat dirancang dengan menerapkan Teori Insight adalah dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Misalnya, guru dapat meminta siswa untuk mengamati lingkungan sekitar mereka dan mencari fenomena alam yang dapat dijelaskan dengan konsep-konsep yang sedang dipelajari. Siswa kemudian dapat berdiskusi dalam kelompok untuk memahami fenomena tersebut dan mencari penjelasan ilmiahnya.

Penjelasan

a. Pendekatan kontekstual adalah pendekatan pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran dengan situasi nyata dan relevan bagi siswa. Dalam kasus ini, Pak Indra mengaitkan materi tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan sekitar siswa, seperti tumbuhan, binatang, dan lainnya. Hal ini membuat siswa lebih tertarik dan mudah memahami materi yang diajarkan.b. Strategi pembelajaran kooperatif adalah strategi di mana siswa bekerja dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran bersama. Dalam kasus ini, Pak Indra membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil dan memberikan tugas untuk mengamati lingkungan sekitar. Metode pembelajaran diskusi kelompok adalah metode di mana siswa berdiskusi dalam kelompok untuk memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan. Teknik pembelajaran tanya jawab adalah teknik di mana guru bertanya dan siswa menjawab. Teknik pembelajaran pengamatan adalah teknik di mana siswa mengamati objek atau fenomena untuk memahami konsep yang diajarkan.2. Teori Insight adalah teori yang menekankan pentingnya pemahaman konsep melalui pengamatan dan refleksi. Dalam konteks ini, siswa diajak untuk mengamati lingkungan sekitar mereka dan mencari fenomena alam yang dapat dijelaskan dengan konsep-konsep yang sedang dipelajari. Hal ini membantu siswa untuk memahami konsep tersebut secara lebih mendalam dan membuat mereka lebih tertarik untuk belajar.