Pertanyaan
Perhatikan tabel berikut I No Zat Kimia 4) Besi Rumus Kimia 2) Karbon Be 3 ) Nikel C 4) Ermas N No Zat Kimia 4) Besi Rumus Kimia 2) Karbon Be 3) Nikel C 4) Ermas N Pasangan nama dan rumus kimia yang tepat terdapat pada nomor a. 1 dan 2 c. 2 dan 4 b. 1 dan 3 15. Dilakukan beberapa percobaan berikut. 1). Kertas dibakar d. 3 dan 4 2). Lilin dipanaskan 3). Seng dibuat menjad kuningan 1). Batu gamping dimasukkan ke dalam air Dari percobaan - percobaan di atas, yang termasuk perubahan fisika terdapat pada nomor.... a. 1 dan 3 c. 2 dan 4 b. 2 dan 3 16. Pada ekosistem pantai berkarang terdapat beberapa jenis makhluk hidup seperti ikan, udang, rumput laut, hewan karang, fitopiankton, kepiting, zooplankton, dan kerang. Makhluk hidup yang berperan sebagai produsen dalam ekosistem tersebut adalah.... a. ikan dan udang b. kepiting dan kerang c. rumput laut dan fitoplankton d. hewan karang dan zooplankton 17. Contoh gerak tumbuhan yang arahnya ditentukan oleh arah datangnya rangsang adalah a daun tanaman venus merigatup saat dihinggapi lalat b. sulur tanaman sirih membelit batang tanaman lain c. gerak membukanya stomata pada siang hari d. bunga Miribilis jalapa mekar pada sore hari 18 Tanaman jambu berbuah besar berbiji puth ( BBmm) disilangkan dengan jambu berbuah kecil berbiji merah (bbMM ). Apabila keturunan pertamanya disilangkan dengan sesamanya akan diperoleh a. perbandingan genotipe F_(2) adalah 12:3:1 b. perbandingan fenotipe F_(2) adalah 12:3:1 c. persentase F_(2) yang berbuah besar berbiji merah adalah 56,25% d. persentase F_(2) dengan genotipe BbMm adalah 50% 19. Organisme berikut yang berpeluang dikenali predator sehingga kelangsungan hidupnya terancam adalah a. belalang hijau di lapangan rumput b. belalang kayu di ranting pepohonan c. kupu - kupu bersayap putih di batang pohon d. burung ptarmigan berbulu putih di daerah bersalju 20. Suatu proses bioteknologi dapat dilakukan dengan rekayasa genetika. Misainya peleburan limfosit B dari limfa tikus yang telah diberi antigen dengan sel mieloma. Bioteknologi tersebut bermanfaat dalam bidang kesehatan yaitu untuk memperoleh. a. interferon untuk membentuk sel imun b. antibodi untuk melawan suatu penyakit c. insulin untuk mengatur kadar gula dalam darah d. antibiotik untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme 21. Perhatikan tabel berikut! No. Besaran Satuan 1). Volume m^(3) 2). Kuat arus listrik ampere 3). Intensitas cahaya kandela 4). Tegangan listrik volt 5). Tekanan N//m^(3) No. Besaran Satuan 1). Volume m^(3) 2). Kuat arus listrik ampere 3). Intensitas cahaya kandela 4). Tegangan listrik volt 5). Tekanan N//m^(3) Berdasarkan tabel di atas, yang termasuk kelompok besaran turunan dan satuannya dalam Sistem Internasional ditunjukkan oleh nomor. a. 1,2 , dan 3 c. 2,3 , dan 4 b. 1,4 , dan 5 d. 3,4 , dan 5 Dok : Om Tok G:11920INR-DUKTAT-9.2-1920M-K13.,doC
Solusi
Jawaban
14.d. no 3 dan 415.a. no 1 dan 316.c. rumput laut dan fitoplankton17.a. daun tanaman venus mengatup setelah dihinggapi lalat 18.d. persentase F2 dengan genotipe BbMm adalah 50%19.d. burung ptarmigan berbulu putih di daerah bersalju20.b. antibodi untuk melawan suatu penyakit21.d. 3, 4, dan 5
Penjelasan
Pertanyaan No 14 adalah menguji kemampuan pemahaman siswa tentang simbol dan nama unsur kimia. Dalam tabel tersebut, "Besi" diwakili oleh simbol Fe, "Karbon" diwakili oleh simbol "C", "Nikel" dengan "Ni", dan "Emas" dengan "Au".Pertanyaan No 15 adalah tentang mengidentifikasi perubahan fisik versus perubahan kimia. Perubahan fisik melibatkan perubahan dari satu bentuk atau keadaan halus, sementara perubahan kimia melibatkan pembentukan bahan baru.Pada pertanyaan No 16 dipertanyakan tentang produsen, atau organisme yang menghasilkan energi organik, dalam suatu ekosistem. Biasanya produsen dalam sistem ekologi adalah organisme yang menjalankan fotosintesis.Pada pertanyaan nomor 17 pembaca diminta untuk mengidentifikasi gerakan nastic, yang dipicu oleh beberapa sumber rangsangan.Pertanyaan No 18 adalah pertanyaan bimbingan genetika, yang menanyakan yang akan terisi, yang telah digunakan oleh penulis. Dalam pertanyaan No 19, siswa diminta untuk mengidentifikasi spesies yang dapat terdeteksi oleh predatornya, mengurangi kemungkinan kelangsungan hidup mereka.Pertanyaan 20 menyangkut persimpangan antara biotek dan spesifikasi ilmu hayati immunologi.Dalam pertanyaan 21 membangun atas kurikulum FPI dengan menanyakan daftar unit atau cara penghitungan Emergency Forces telah sehen ambak pada topik ini.