Pertanyaan
Pertanyaan 10 dari 15 Pak Adamisebagai kepala sekolah menerima laporan dari beberapa guru tentang masalah -masalah administratif yang menghambat proses pembelajaran. Staf administrasi sering terlambat dalam menyiapkan jadwal ujian, pustakawan belum mengatur sistem katalog yang mudah diakses serta operator sekolah lambat menangani masalah teknis terkait platform pembelajaran untuk pengumpulan tugas siswa secara online . Para guru merasa kesulitan karena tidak mendapatkan dukungan yang memadai dari tenaga kependidikan . Namun, beberapa dari mereka merasa pekerjaan mereka tidak berdampak langsung pada pembelajaran dan cenderung kurang terlibat dalam upaya peningkatan layanan pendidikan. Apa yang sebaiknya Pak Adam lakukan untuk memberdayakan tenaga kependidikan? Memberdayakar tenaga kependidikan untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran, dan meminta untuk memberikan dukungan sebagai teknisi selama kelas berlangsung. Mengadakan lokakarya dan pelatihan keterampilan bagi tenaga kependidikan untuk mendukung pembelajaran dan memberikan penghargaan peningkatan kinerja. Membuat sistem penilaian kinerja tenaga kependidikar yang transparan dan terukur, mencakup kemampuan teknis serta kecepatan menanggap kebutuhan guru dan siswa. Mengadakan pertemuan dengan tenaga kependidikan untuk menggali kendala yang dihadapi, dan mendorong bekerja efisien dan proaktif dalam mendukung tugas guru.
Solusi
Jawaban
Jawaban yang paling tepat adalah **Mengadakan lokakarya dan pelatihan keterampilan bagi tenaga kependidikan untuk mendukung pembelajaran dan memberikan penghargaan peningkatan kinerja.**Berikut penjelasannya:Opsi ini menawarkan solusi yang komprehensif dan berkelanjutan. Masalah yang dihadapi sekolah bukan hanya soal kurangnya efisiensi, tetapi juga kurangnya keterampilan dan motivasi. Lokakarya dan pelatihan akan meningkatkan kemampuan teknis staf administrasi (pustakawan, operator sekolah) dalam menjalankan tugas mereka. Pelatihan ini juga dapat mencakup manajemen waktu dan penyelesaian tugas secara efisien. Memberikan penghargaan atas peningkatan kinerja akan memotivasi mereka untuk terus meningkatkan kualitas kerja.Mengapa opsi lain kurang tepat:* **Memberdayakan tenaga kependidikan untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran, dan meminta untuk memberikan dukungan sebagai teknisi selama kelas berlangsung:** Meskipun partisipasi aktif penting, meminta staf administrasi untuk menjadi teknisi selama kelas berlangsung tidak realistis dan tidak sesuai dengan peran dan tanggung jawab mereka. Ini malah akan mengganggu tugas utama mereka dan mungkin tidak efektif.* **Membuat sistem penilaian kinerja tenaga kependidikan yang transparan dan terukur, mencakup kemampuan teknis serta kecepatan menanggapi kebutuhan guru dan siswa:** Sistem penilaian penting, tetapi hanya sebagai bagian dari solusi yang lebih besar. Tanpa pelatihan dan pengembangan, sistem penilaian hanya akan mengidentifikasi masalah tanpa menawarkan solusi untuk meningkatkan kinerja.* **Mengadakan pertemuan dengan tenaga kependidikan untuk menggali kendala yang dihadapi, dan mendorong bekerja efisien dan proaktif dalam mendukung tugas guru:** Pertemuan penting untuk memahami masalah, tetapi hanya diskusi saja tidak cukup. Perlu ada tindakan nyata berupa pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi staf.Kesimpulannya, memberikan pelatihan dan penghargaan adalah pendekatan yang paling efektif untuk memberdayakan tenaga kependidikan dan mengatasi masalah administratif yang menghambat proses pembelajaran di sekolah. Sistem penilaian dan pertemuan dapat menjadi bagian pendukung dari strategi ini, tetapi bukan solusi utama.