Pertanyaan
1. Salah satu isu global 2024 adanya Krisis Energi (Energy Scarecity)sebagai dampak dari adannya krisis global dan juga sudah diawali dengan kondisi nyata gangguan atau kekurangan pada penyediaan pasokan sumber daya energi dunia (SDA), ketidakcukupan persediaan dan kenaikan harga bahan bakar terjadi setelah pandemi Covid -19 dan diperburuk oleh invasi Rusia terhadap Ukraina pada Februari setahun lalu Jika topik tersebut akan dijadikan salah satu konten dalam pembelajaran IPS, Lakukan analisis hal-hal berikut ini ! a. Analisislah muatan materi pokok pembelejaran dalam kurikulum IPS apa saja yang terkait dengan permasalahan krisis energi dan energi baru dan terbarukan tersebut! b. analisislah manfaat apa saja yang akan didapatkan oleh siswa baik dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan! c. analisislah metode apa yang akan saudara gaunakan dalam membelajarkan siswa dengan isu tersebut serta berikan alasannya!
Solusi
Jawaban
**a. Analisis Muatan Materi Pokok Pembelajaran:**Materi pokok yang terkait dengan krisis energi dan energi baru dan terbarukan dalam kurikulum IPS meliputi:1. **Pengertian Energi dan Sumber Daya Alam (SDA):** Penjelasan tentang apa itu energi, jenis-jenis sumber daya alam, dan pentingnya dalam kehidupan sehari-hari. 2. **Krisis Energi:** Penyebab, dampak, dan solusi untuk mengatasi krisis energi, termasuk peran teknologi dan kebijakan pemerintah.3. **Energi Baru dan Terbarukan:** Pengenalan berbagai sumber energi alternatif seperti tenaga surya, angin, dan biomassa, serta manfaatnya bagi lingkungan dan ekonomi.4. **Perubahan Iklim dan Lingkungan:** Hubungan antara penggunaan energi fosil dan dampaknya terhadap perubahan iklim, serta upaya mitigasi.5. **Kebijakan Publik dan Internasional:** Analisis kebijakan yang diambil oleh pemerintah dan organisasi internasional untuk mengatasi krisis energi dan mendorong penggunaan energi terbarukan.**b. Manfaat Pembelajaran:**1. **Pengetahuan:** Siswa akan memahami konsep dasar energi, jenis-jenis sumber daya alam, serta tantangan dan solusi yang terkait dengan krisis energi.2. **Sikap:** Pembelajaran ini mendorong siswa untuk lebih peduli terhadap isu-isu lingkungan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab dalam penggunaan sumber daya.3. **Keterampilan:** Siswa akan belajar keterampilan berpikir kritis dan analitis dalam memahami masalah kompleks seperti krisis energi dan mencari solusi yang berkelanjutan.**c. Metode Pembelajaran:**1. **Diskusi Kelompok:** Menggunakan diskusi kelompok untuk memfasilitasi pertukaran ide dan pengalaman antar siswa, serta membangun keterampilan sosial dan komunikasi.2. **Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning):** Memanfaatkan kasus nyata seperti krisis energi untuk mengajarkan konsep-konsep secara kontekstual dan relevan.3. **Penggunaan Teknologi:** Memanfaatkan platform digital dan aplikasi untuk menunjukkan bagaimana teknologi energi terbarukan bekerja dan dampaknya.4. **Kunjungan Lapangan:** Mengorganisir kunjungan ke fasilitas energi terbarukan atau perusahaan teknologi hijau untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa.Metode-metode ini dipilih karena dapat membantu siswa memahami isu krisis energi secara mendalam dan menyeluruh, serta mengembangkan keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan masa depan.