Pertanyaan

Petunjuk untuk soal nomor 39 s.d 50 . Pilihlah "A" jika pernyataan dibawah ini "benar" dan "B" jika pernyataan tersebut "salah" 39. Fokus pada pemeahan masalah menjadi lebih keil, merupakan teknik berfikir komputasional abstraksi a. Benar b. Salah 40. Algoritma mengurutkan langkah-langkah sistematis dalam menyelesaikan masalah a. Benar b. Salah 41. Algoritma membatu programer dalam menerjemahkan langkah-langkah menjadi program sesungguhnya a. Benar b. Salah 42. Bertikir komputasional penting untuk kesiapan dalam berbagai lapangan pekerjaan termasuk teknologi informasi, sains data, dan rekayasa perangkat lunak a. Benar b. Salah 43. Fundamental merupakan aspek dalam tahapan berpikir komputasional a. Benar b. Salah 44. Struktur data berfungsi untuk memudahkan pekerjaan, mempercepat penyimpanan dan pengaturan data serta mempercepat pertukaran data a. Benar b. Salah 45. Tipe struktur data queue berfungsi menghapus atau menyisipkan item baru di bagian atas tumpukan a. Benar b. Salah 46. Prinsip Last In First Out (LIFO) artinya elemen pertama di sisipkan akan menjadi elemen terakhir yang keluar a. Benar b. Salah 47. Pemrograman digunakan untuk membuat perangkat lunak yang dapat memecahkan masalah a. Benar b. Salah 48. Program aplikasi scratch tidak dapat digunakan oleh kalangan pelajar a. Benar b. Salah 49. Pemrograman scratch dapat membuat animasi dan game a. Benar b. Salah 50. Sprite merupakan tokoh berupa objek dalam membuat animasi pada scratch a. Benar b. Salah

Solusi

Terverifikasi Ahli
4 (63 Suara)
Endah Fitriani profesional ยท Tutor selama 6 tahun

Jawaban

39. A 40. A41. A 42. A 43. B 44. A 45. B 46. A 47. A 48. A 49. B 50. A

Penjelasan

39. Fokus pada pemecahan masalah menjadi lebih kritis, merupakan teknik berpikir. Pernyataan ini menjelaskan pentingnya berfokus dan kritis dalam pemecahan masalah, dan teknik ini menjadi sangat penting dalam dunia kerja. 40. Algoritma mengurutkan langkah-langkah sistematis dalam menyelesaikan masalah. Ini adalah pernyataan yang benar yang menjelaskan bahwa aturannya mengurutkan langkah-langkah dalam urutan logis untuk mencapai suatu sasaran. 41. Algoritma membantu programmer dalam menerjemahkan langkah-langkah menjadi programnya. Algoritma digunakan sebagai alat untuk membantu menerjemahkan prosedur ke dalam bentuk kode yang bisa dipahami oleh komputer.42. Berfikir komputasional penting untuk kesiapan dalam berbagai lapangan pekerjaan termasuk teknologi informasi rekayasa perangkat lunak. Ini adalah pernyataan yang benar dan menjelaskan bahwa kemampuan berfikir komputasional yang baik akan membantu individu dalam banyak bidang, khususnya dalam dunia teknologi modern. 43. Fundamental merupakan aspek dalam tahapan berpikir komputasional. Memahami konsep-konsep fundamental memang penting dalam tahapan berpikir komputasional.44. Struktur data berfungsi untuk memudahkan pekerjaan, mempercepat penyimpanan dan pengaturan data serta mempercepat pertukaran. Struktur data ditujukan untuk pendataan dan pembagian tugas yang tersusun rapi.45. Tipe struktur data queue berfungsi menghapus atau menyisipkan item baru di bagian atas. Umumnya dalam struktur data queue mengacu pada prinsip FIFO(First In First Out).46. Prinsip Last In First Out (LIFO) artinya elemen pertama yang disisipkan akan menjadi elemen terakhir yang keluar. Pernyataan ini berlaku pada struktur stack dan sebaliknya pada struktur antrian.47. Pemrograman digunakan untuk membuat perangkat lunak yang dapat memecahkan masalah. Pemrograman merupakan keterampilan dasar dalam menciptakan solusi digital.48. Program aplikasi Scratch tidak dapat digunakan oleh kalangan pelajar. Kalangan pelajar tentu saja bisa menggunakan Scratch, program ini dibuat untuk memberikan kesempatan kepada pengguna dengan sedikit bahkan tanpa pengalaman pemrograman untuk memahami konsep pemrograman yang sebenarnya.49. Pemrograman Scratch dapat membuat animasi dan game. Dengan menggunakan Scratch, pengguna bisa membuat berbagai proyek interaktif dan inovatif, termasuk game dan animasi.50. Sprite merupakan tokoh berupa objek dalam membuat animasi di Scratch.Sebuah Sprite pada Scratch adalah objek grafis pada layar. Pengguna dapat memindahkan, mengahpus atau menerapkanya.