Pertanyaan

Pendekatan keterampilan proses merupakan wawasan pengembangan keterampilan keterampilan ilmiah, sosial dan fisik yang bersumber dari kemampuan kemampuan yang pada prinsipnya telah ada pada diri siswa. square countries Dengan demikian Jelaskan dan buatlah contoh tentang Keterampilan proses sains mengobservasi "!

Solusi

Terverifikasi Ahli
4 (232 Suara)
Darpana profesional ยท Tutor selama 6 tahun

Jawaban

Keterampilan proses sains, khususnya observasi, merupakan kemampuan dasar dalam pembelajaran sains. Observasi adalah proses pengumpulan informasi melalui pancaindra (melihat, mendengar, mencium, meraba, dan mengecap). Dalam konteks sains, observasi harus dilakukan secara sistematis, teliti, dan objektif, terbebas dari prasangka atau interpretasi pribadi sebelum dilakukan analisis lebih lanjut. Observasi dapat bersifat kualitatif (deskriptif) atau kuantitatif (pengukuran).**Penjelasan Keterampilan Observasi dalam Sains:**Observasi dalam sains bukan sekadar melihat. Ini melibatkan:* **Penggunaan pancaindra secara terarah:** Bukan hanya melihat secara sekilas, tetapi memperhatikan detail-detail penting yang relevan dengan objek atau fenomena yang diamati. Misalnya, saat mengamati tumbuhan, kita tidak hanya melihat warna daunnya, tetapi juga bentuk daun, tekstur permukaan daun, ada tidaknya bunga, dan sebagainya.* **Catatan yang sistematis dan akurat:** Hasil observasi harus dicatat secara detail dan akurat. Ini bisa berupa deskripsi kualitatif (misalnya, "daun berwarna hijau tua, berbentuk oval, dan permukaannya kasar") atau data kuantitatif (misalnya, "panjang daun rata-rata 10 cm"). Penggunaan alat bantu seperti penggaris, mikroskop, atau termometer dapat meningkatkan akurasi observasi kuantitatif.* **Objektivitas:** Observasi harus bebas dari bias atau interpretasi pribadi. Catatan harus menggambarkan apa yang sebenarnya diamati, bukan apa yang seharusnya diamati. Misalnya, jika kita mengamati reaksi kimia yang menghasilkan perubahan warna, kita harus mencatat perubahan warna yang sebenarnya terjadi, bukan menebak penyebab perubahan warna tersebut.* **Pengulangan observasi:** Untuk memastikan keakuratan, observasi sebaiknya diulang beberapa kali, baik oleh pengamat yang sama maupun pengamat yang berbeda. Ini membantu mengurangi kesalahan dan meningkatkan kepercayaan terhadap hasil observasi.**Contoh Keterampilan Observasi dalam Sains:****Contoh 1 (Kualitatif):**Seorang siswa mengamati pertumbuhan tanaman kacang hijau selama dua minggu. Ia mencatat observasinya setiap hari, termasuk:* **Hari ke-1:** Biji kacang hijau mulai berkecambah, muncul akar kecil berwarna putih.* **Hari ke-3:** Akar semakin panjang dan muncul tunas kecil.* **Hari ke-7:** Tunas tumbuh menjadi batang kecil berwarna hijau muda, daun pertama mulai terbuka.* **Hari ke-14:** Tanaman telah tumbuh cukup tinggi, daunnya berwarna hijau tua, dan beberapa daun baru telah muncul.Catatan ini bersifat kualitatif karena mendeskripsikan perubahan yang terjadi tanpa menggunakan pengukuran numerik.**Contoh 2 (Kuantitatif):**Seorang siswa mengamati pertumbuhan tinggi tanaman kacang hijau selama dua minggu. Ia mengukur tinggi tanaman setiap hari menggunakan penggaris dan mencatat hasilnya dalam tabel:| Hari ke- | Tinggi Tanaman (cm) ||---|---|| 1 | 0.5 || 3 | 1.2 || 7 | 3.5 || 14 | 7.0 |Catatan ini bersifat kuantitatif karena menggunakan pengukuran numerik (tinggi tanaman dalam cm) untuk menggambarkan pertumbuhan tanaman.Kedua contoh di atas menunjukkan bagaimana keterampilan observasi digunakan dalam sains untuk mengumpulkan data yang akurat dan sistematis, yang kemudian dapat digunakan untuk menganalisis dan menarik kesimpulan. Keterampilan observasi merupakan dasar penting untuk berbagai keterampilan proses sains lainnya, seperti pengukuran, inferensi, dan komunikasi.