Pertanyaan
Bagaimanakah cara cepat mengurutkan data pada Excel? Jawab:
Solusi
Jawaban
Untuk mengurutkan data pada excel secara cepat, pilih kolom atau cell yang akan diurutkan lalu klik tombol 'Sort Ascending' (untuk mengurutkan data dari yang terkecil sampai yang terbesar) atau 'Sort Descending' (untuk mengurutkan data dari yang terbesar sampai yang terkecil) yang ada di toolbar. Untuk pengaturan sorting yang lebih lanjut, bisa memilih menu 'Sort' pada tab data.
Penjelasan
Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengurutkan data pada Excel secara cepat:1. Pertama, pilih kolom atau sejumlah cell yang akan diurutkan. 2. Selanjutnya, klik tombol 'Sort Ascending' atau 'Sort Descending' pada toolbar. Ascending berarti mengurutkan data dari yang terkecil ke yang terbesar atau dari A ke Z. Sedangkan Descending berarti sebaliknya, membuat data menjadi seperti piramida terbalik, dari yang lebih besar atau huruf depan terakhir hingga yang lebih kecil atau huruf pertama.3. Jika Anda ingin pengaturan sorting yang lebih lanjut, bisa memilih menu 'Sort' pada tab data, dan kemudian menentukan fisrt key sort, second key sort, dan seterusnya sesuai permintaan. Misalnya kita ingin mengurutkan data berdasarkan Nilai (dari tertinggi ke terendah), jika ada nilai yang sama, maka siswa tersebut akan di urut berdasarkan Nama.4. Jika kita telah melakukan proses sorting, Excel akan secara otomatis memperbarui aran logistik di dalamnya setiap kali kita mengubah data.