Pertanyaan

1. Apa yang Anda ketahui tentang bilangan rasional dan irrasional , sebutkan contohnya !(minimal 3) 2. Strategi pembelajaran matematika yang perlu dihindari oleh guru adalah __ (berikan penjelasannya!) 3. Berikan contoh (minimal 2) beserta penjelasannya, kesulitan yang mugkin dialami oleh siswa dan guru untuk menyelesaian masalah pada soal cerita! (dalam hal materi pecahan atau bilangan rasional untuk menu jukkan perbandingan dalam bentuk pembagian dan pecahan , dalam kesebagunan dalam geometri). 4. Dalam membuat jarring jarring limas segiempat beraturan dengan rusuk alas 4cm dan sudut antara rusuk tegak dengan bidang alas 45^circ diperlukan Panjang rusuk berapa? 5. Diketahui sebuah kelereng mentega yang berbentuk tabung dengan jari- jari lingkaran alas 7cm dan tingginya 5cm dengan pi =(22)/(7) Luas daerah sisi lengkung kaleng tersebut ( melalui jarring - jarring tabung)adalah __

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.3 (253 Suara)
Abha veteran · Tutor selama 9 tahun

Jawaban

1. Bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk a/b, di mana a dan b adalah bilangan bulat dan b ≠ 0. Contoh: 1/2, 2/3, 7. Bilangan irrasional adalah bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk a/b. Contoh: √2, π, e.2. Strategi pembelajaran matematika yang perlu dihindari oleh guru adalah pengajaran yang terlalu teoritis dan kurang praktis. Hal ini karena matematika adalah ilmu yang sangat bergantung pada pemahaman konsep dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.3. Kesulitan yang mungkin dialami oleh siswa dan guru dalam menyelesaikan masalah pada soal cerita adalah kesulitan dalam mengidentifikasi informasi yang diberikan dan menentukan apa yang diminta oleh soal. Misalnya, dalam soal cerita tentang pecahan, siswa mungkin kesulitan memahami bagaimana cara mengubah pecahan menjadi desimal atau persen. Guru mungkin kesulitan dalam menjelaskan konsep tersebut dengan cara yang mudah dipahami oleh siswa.4. Panjang rusuk limas segiempat beraturan dengan rusuk alas 4 cm dan sudut antara rusuk tegak dengan bidang alas 45 derajat adalah 4√2 cm.5. Luas daerah sisi lengkung kaleng tersebut adalah 220 cm^2.

Penjelasan

1. Bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk a/b, di mana a dan b adalah bilangan bulat dan b ≠ 0. Contoh: 1/2, 2/3, 7. Bilangan irrasional adalah bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk a/b. Contoh: √2, π, e.2. Strategi pembelajaran matematika yang perlu dihindari oleh guru adalah pengajaran yang terlalu teoritis dan kurang praktis. Hal ini karena matematika adalah ilmu yang sangat bergantung pada pemahaman konsep dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, guru harus menggunakan metode pengajaran yang memadukan teori dan praktik.3. Kesulitan yang mungkin dialami oleh siswa dan guru dalam menyelesaikan masalah pada soal cerita adalah kesulitan dalam mengidentifikasi informasi yang diberikan dan menentukan apa yang diminta oleh soal. Misalnya, dalam soal cerita tentang pecahan, siswa mungkin kesulitan memahami bagaimana cara mengubah pecahan menjadi desimal atau persen. Guru mungkin kesulitan dalam menjelaskan konsep tersebut dengan cara yang mudah dipahami oleh siswa.4. Panjang rusuk limas segiempat beraturan dengan rusuk alas 4 cm dan sudut antara rusuk tegak dengan bidang alas 45 derajat adalah 4√2 cm. Hal ini didasarkan pada teorema Pythagoras, di mana panjang rusuk tegak adalah hipotenusa dari segitiga siku-siku