Pertanyaan

Pendekatan pembelajara n adalah proses yang dilakukan guna membuat siswa secara aktif dalam mengikut pembelajaran. Sesuai dengan tujuan pembelajar an sains di Sekolah Dasar. Ada beberapa pendekatan pembelajar an yang telah dipelajari. Bedakanlah antara Pendekatan Proses dengan Pendekatan Terpadu!

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.4 (388 Suara)
Vinita profesional ยท Tutor selama 6 tahun

Jawaban

## Perbedaan Pendekatan Proses dan Pendekatan Terpadu dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar**Pendekatan Proses** dan **Pendekatan Terpadu** merupakan dua pendekatan pembelajaran yang umum diterapkan dalam pembelajaran sains di Sekolah Dasar. Berikut adalah perbedaan keduanya:**1. Fokus Pembelajaran:*** **Pendekatan Proses:** Berfokus pada **proses ilmiah** yang melibatkan siswa dalam melakukan kegiatan ilmiah seperti mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengolah data, dan menarik kesimpulan. * **Pendekatan Terpadu:** Berfokus pada **integrasi berbagai disiplin ilmu** dalam satu tema atau topik tertentu. Misalnya, mempelajari tentang ekosistem dapat melibatkan ilmu biologi, kimia, dan geografi.**2. Aktivitas Pembelajaran:*** **Pendekatan Proses:** Aktivitas pembelajaran lebih menekankan pada **pengalaman langsung** siswa dalam melakukan kegiatan ilmiah. Contohnya, melakukan percobaan, mengamati tumbuhan, atau membuat model.* **Pendekatan Terpadu:** Aktivitas pembelajaran lebih menekankan pada **hubungan antar disiplin ilmu** dan bagaimana konsep-konsep dari berbagai disiplin ilmu saling berkaitan. Contohnya, mempelajari tentang siklus air yang melibatkan konsep fisika, kimia, dan geografi.**3. Peran Guru:*** **Pendekatan Proses:** Guru berperan sebagai **fasilitator** yang membantu siswa dalam melakukan kegiatan ilmiah dan mengarahkan mereka untuk menemukan sendiri jawaban atas pertanyaan mereka.* **Pendekatan Terpadu:** Guru berperan sebagai **integrator** yang menghubungkan berbagai disiplin ilmu dalam satu tema dan membantu siswa memahami hubungan antar konsep.**4. Tujuan Pembelajaran:*** **Pendekatan Proses:** Tujuannya adalah untuk **mengembangkan keterampilan proses ilmiah** siswa, seperti mengamati, menanya, dan menganalisis data.* **Pendekatan Terpadu:** Tujuannya adalah untuk **meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep sains** dengan menghubungkan berbagai disiplin ilmu dan melihat fenomena alam secara holistik.**5. Contoh Penerapan:*** **Pendekatan Proses:** Siswa melakukan percobaan untuk mempelajari tentang pengaruh suhu terhadap kecepatan pelarutan gula.* **Pendekatan Terpadu:** Siswa mempelajari tentang ekosistem sungai yang melibatkan konsep biologi, kimia, dan geografi.**Kesimpulan:**Pendekatan Proses dan Pendekatan Terpadu memiliki fokus dan tujuan pembelajaran yang berbeda. **Pendekatan Proses** lebih menekankan pada pengembangan keterampilan proses ilmiah, sedangkan **Pendekatan Terpadu** lebih menekankan pada pemahaman konsep sains secara holistik. Kedua pendekatan ini dapat saling melengkapi dan digunakan secara efektif dalam pembelajaran sains di Sekolah Dasar.