Pertanyaan

Landasan historis-ideologis dan yundis pendidikan sekolah dasar mengkaji tentang sudut pandang pemikiran mengenai sistem pendidikan nasional sejak Indonesia merdeka 17 Agustu 1945 ideologis dan yuridis tersebut! sekarang Analisislah makna pendidikan nasional sekolah dasar dilhat dari sudut pandang landasan

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.4 (222 Suara)
Qutub master ยท Tutor selama 5 tahun

Jawaban

Pendidikan nasional sekolah dasar di Indonesia memiliki landasan historis-ideologis dan yuridis yang kuat. Dari sudut pandang historis-ideologis, pendidikan nasional sekolah dasar mencerminkan cita-cita bangsa Indonesia yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dari sudut pandang yuridis, pendidikan nasional sekolah dasar diatur dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU No. 20 Tahun 2003) yang menegaskan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan merata.

Penjelasan

Pendidikan nasional sekolah dasar di Indonesia memiliki dua landasan utama, yaitu landasan historis-ideologis dan yuridis. 1. **Landasan Historis-Ideologis**: Pendidikan nasional sekolah dasar di Indonesia mencerminkan cita-cita bangsa yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945. Dalam pembukaan tersebut, dinyatakan bahwa tujuan negara adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Oleh karena itu, pendidikan dianggap sebagai salah satu instrumen penting untuk mencapai tujuan tersebut.2. **Landasan Yuridis**: Dari sisi yuridis, pendidikan nasional sekolah dasar diatur dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU No. 20 Tahun 2003). UU ini menegaskan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan merata. Selain itu, pendidikan juga dianggap sebagai hak asasi manusia yang harus dijamin oleh negara. Oleh karena itu, pemerintah memiliki kewajiban konstitusional untuk menyelenggarakan pendid nasional yang berkualitas dan merata bagi seluruh warga negara.Dengan demikian, pendidikan nasional sekolah dasar di Indonesia tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa, tetapi juga untuk membentuk karakter dan kepribadian siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.