Pertanyaan
2. Niaga supermarket memiliki beberapa cabang di kota-kota besar seperti Yogyakarta Semarang, Solo, Surabaya , Sidoarjo, Denpasar, Mataram , Sumbawa, Bima dan Kupang. Bob Sadino sebagai presiden direktur perusahan secara berkala mengunjungi kantor-kantor cabangnya untuk tujuan audit internal. Bob Sadino merasa prihatin terhadap kejujuran para karyawannya. Pihaknya kemudian menghubungi KAP Andi, Bayu , Celine (KAP ABC) dan menginformasikan kepada mereka tentang apa yang diinginkan oleh pihaknya yakni merekome ndasikan sistem yang terkomputerisasi yang akan menghalangi para karyawannya dalam upaya penggelapan uang.Bob Sadino menyarankan KAP Andi, Bayu, Celine (KAP ABC) agar dapat mendasarkan sistem yang dimintanya secara nasional. Pertanyaan : a. Bagaimana seharusnya saran yang diberikan oleh KAP Andi , Bayu, Celine (KAP ABC) kepada Bob Sadino terkait sistem yang akan diberlakukan secara nasional. b. Jelaskan saran yang seharusnya diberikan KAP Andi , Bayu, Celine (KAP ABC)terkait sistem yang akan benar benar mencegah pencurian. c. Jika KAP Andi, Bayu , Celine (KAP ABC) menerima Niaga supermarket sebagai klien audit, sebutkan prosedur-prosedur yang dilakukan untuk mendeteksi kecurangan. Apakah mereka menjamin bahwa audit yang dilakukan dapat menemukan adanya kecurangan? Mengapa?
Solusi
Jawaban
a. KAP Andi, Bayu, Celine (KAP ABC) seharusnya menyarankan Bob Sadino untuk menerapkan sistem manajemen keuangan yang terintegrasi dan terkomputerisasi. Sistem ini harus memiliki fitur pengendalian internal yang kuat, pelacakan transaksi yang otomatis, dan audit internal yang teratur.b. Saran yang seharusnya diberikan oleh KAP Andi, Bayu, Celine (KAP ABC) adalah menerapkan sistem manajemen keuangan yang terintegrasi dan terkomputerisasi, dengan fitur pengendalian internal yang kuat, pelacakan transaksi yang otomatis, dan audit internal yang teratur. Selain itu, mereka juga harus menyarankan untuk melakukan pelatihan reguler kepada karyawan tentang etika dan integritas dalam bekerja.c. Jika KAP Andi, Bayu, Celine (KAP ABC) menerima Niaga supermarket sebagai klien audit, prosedur yang dilakukan untuk mendeteksi kecurangan antara lain: pemeriksaan dokumen transaksi, pemeriksaan rekening bank, pemeriksaan catatan akuntansi, dan pemeriksaan sistem kontrol internal. Mereka tidak dapat menjamin bahwa audit yang dilakukan dapat menemukan adanya kecurangan karena kecurangan dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Namun, dengan prosedur audit yang tepat dan teliti, kemungkinan kecurangan dapat terdeteksi lebih besar.
Penjelasan
Pertanyaan ini berkaitan dengan penerapan sistem manajemen keuangan yang terintegrasi dan terkomputerisasi dalam suatu perusahaan. Sistem ini harus memiliki fitur pengendalian internal yang kuat, pelacakan transaksi yang otomatis, dan audit internal yang teratur. Selain itu, perusahaan juga harus melakukan pelatihan reguler kepada karyawan tentang etika dan integritas dalam bekerja. Jika KAP Andi, Bayu, Celine (KAP ABC) menerima Niaga supermarket sebagai klien audit, mereka harus melakukan prosedur audit yang tepat dan teliti untuk mendeteksi kecurangan. Meskipun demikian, mereka tidak dapat menjamin bahwa audit yang dilakukan dapat menemukan adanya kecurangan karena kecurangan dapat terjadi di mana saja dan kapan saja.