Pertanyaan

Untuk membuang udara terkompresi yang berlebihan yang hendak masuk keruang bakar ketika rpm diturunkan adalah? Pilih Salah Satu Jawaban A. Pendingin Intercooler B. Rumah Bantalan/Rumah Tengah C. Roda Kompresor D. Katup Tiup

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.4 (307 Suara)
Tavish master ยท Tutor selama 5 tahun

Jawaban

** D. Katup Tiup

Penjelasan

**Ketika mesin kendaraan bermotor beroperasi, terutama pada kendaraan dengan mesin turbocharged, udara terkompresi yang berlebihan dapat terjadi ketika putaran mesin per menit (RPM) diturunkan. Udara terkompresi ini harus dibuang untuk mencegah kerusakan pada komponen mesin dan menjaga keseimbangan sistem pembakaran.- **Pendingin Intercooler (A):** Fungsi utama dari intercooler adalah mendinginkan udara yang telah terkompresi oleh turbocharger sebelum masuk ke ruang bakar. Namun, intercooler tidak berfungsi untuk membuang udara terkompresi yang berlebihan. - **Rumah Bantalan/Rumah Tengah (B):** Ini adalah bagian dari mesin yang mendukung poros engkol dan tidak terkait langsung dengan pengelolaan udara terkompresi **Roda Kompresor (C):** Roda kompresor adalah bagian dari turbocharger yang memampatkan udara. Meskipun roda kompresor terlibat dalam proses pemampatan udara, ia tidak berfungsi untuk membuang udara terkompresi yang berlebihan.- **Katup Tiup (D):** Katup tiup (atau katup buang) adalah komponen yang mengatur aliran gas buang dari ruang bakar ke sistem knalpot. Ketika RPM diturunkan, katup tiup membuka untuk memungkinkan gas buang, termasuk udara terkompresi yang berlebihan, keluar dari mesin. Ini mencegah tekanan berlebih dalam ruang bakar dan potensi kerusakan mesin.**