Pertanyaan

2 Berikut yang termasuk dalam literasi numerik dalam pemrograman adalah __ a pembuatan program modular b. konversi sistem bilangan C. penggunaan antarmuka visual d pembuatan hipotesis sains 3 Pendekatan pemrograman di mana program dibagi menjadi modul terpisah adalah __ a modularisasi program b. literasi sains C. konversi sistem bilangan d. literasi numerik 4.Sistem bilangan yang menggunakan basis 10 dengan digit 0-9 disebut __ a. bilangan biner b bilangan oktal C. bilangan desimal d. bilangan heksdesimal menggunakan serupa 1. Platform pembelajaran pemrbgraman yang 9 dengan Scratch adalah __ a. Scratch b. Blockly Games C. Literasi numerik d. Modularisasi program 1 5 Bilangan heksadesimal adalah sistem bilangan dengan basis __ a. 2 10 b 8 d. 16 6. Bilangan biner menggunakan basis __ a 2 C. 10 b. 8 d. 16 7 Blok perintah move (D) steps untuk __ digunakan a. memutar sprite searah jarum Jam b. menggerakkan sprite ke arah mouse- pointer atau ke arah sprite lainnya C.menggerakkan sprite maju atau mundur d. guna menggerakkan sprite pada koordinat x dan y dalam stage 8.Sebuah robot penampilan sécaré keseluruhan berdasarkan tubuh manusia disebut __ a. Arm robotic C. Humanoid b Drone d.Manipulator

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.1 (275 Suara)
Ananya master · Tutor selama 5 tahun

Jawaban

Berikut jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut:2. **Jawaban: b. konversi sistem bilangan**Literasi numerik dalam pemrograman mencakup pemahaman dan kemampuan untuk bekerja dengan berbagai sistem bilangan (biner, desimal, heksadesimal, oktal), konversi antar sistem tersebut, dan representasi data numerik dalam program. Pilihan lain kurang relevan dengan literasi numerik secara langsung.3. **Jawaban: a. modularisasi program**Modularisasi program adalah pendekatan pemrograman di mana program dibagi menjadi modul-modul terpisah yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Ini meningkatkan organisasi, pemeliharaan, dan pemahaman kode.4. **Jawaban: c. bilangan desimal**Sistem bilangan desimal menggunakan basis 10 dan digit 0-9.5. **Jawaban: d. 16**Bilangan heksadesimal menggunakan basis 16, dengan digit 0-9 dan A-F (A=10, B=11, C=12, D=13, E=14, F=15).6. **Jawaban: a. 2**Bilangan biner menggunakan basis 2, dengan hanya digit 0 dan 1.7. **Jawaban: c. menggerakkan sprite maju atau mundur**Blok perintah `move (D) steps` dalam Scratch digunakan untuk menggerakkan sprite maju atau mundur sejumlah langkah yang ditentukan oleh nilai (D).8. **Jawaban: c. Humanoid**Robot humanoid dirancang untuk menyerupai bentuk dan penampilan manusia.9. **Jawaban: a. Scratch**Scratch adalah platform pembelajaran pemrograman visual yang terkenal dan sering digunakan untuk memperkenalkan konsep pemrograman kepada pemula. Meskipun Blockly Games juga merupakan platform visual, Scratch lebih umum digunakan dan disebutkan dalam konteks pertanyaan.