Pertanyaan
mempertahankan kemerdekaan adalah __ communikkan upaya a. berkawan atau bergaul dengan teman satu suku saia b. mempelajari kesenian dari daerah lain c. menyelenggarakan kerja sama an- tara daerah satu dan daerah yang lain d. memakai produk-produk buatan dalam negeri 4. Berikut bukan sikap menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah adalah __ a. mengerjakan piket kelas dengan rukun b. membanggakan budaya daerah sendiri c. tidak membeda -bedakan teman d. membantu teman yang kesusahan
Solusi
Jawaban
3.a 4.a
Penjelasan
3. Pertanyaan ini bertujuan mengidentifikasi tindakan yang tidak mencerminkan upaya untuk mempertahankan kemerdekaan. Upaya mempertahankan kemerdekaan biasanya tergambar dalam perilaku yang mendukung penguatan identitas dan otonomi nasional, seperti kesadaran untuk memakai produk domestik, kerjasama antarwilayah, belajar dan menghargai seni dari daerah lain dalam negara tersebut yang menunjukkan pengetahuan dan rasa hormat yang mendalam terhadap perbedaan budaya di dalam negeri. Di sisi lain, membatasi interaksi sosial kita hanya pada mereka yang berasal dari suku kita sendiri bisa dianggap karena justru mempersempit lingkup persatuan dan kesadaran interkultural kita, dan tidak berkontribusi langsung dalam mempertahankan kemerdekaan.4. Pertanyaan ini membahas sikap-sikap yang berkontribusi mantan menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah. Sikap-sikap yang merupakan bagian dari menjaga persatuan dan kesatuan akan mencakup perilaku seperti tidak membedakan teman, membantu teman yang kesukaran, dan membanggakan budaya daerah kita yang mencerminkan penghormatan dan valorisasi terhadap budaya sendiri sebagai elemen dalam persatuan dan kesatuan nasional. Di sisi lain, menjalaskan duplikasi rutin sekolah kenyataannya mungkin tidak berhubungan dengan aspek manuteniani persatuan sekolah khususnya jika tidak dilakukan dalam sikap persatuan dan kerajaan. Jadi pilihan ini adalah sekutu sikap yang paling kurang berkaitan dengan menjaga persatuan oleh sekolah.