Pertanyaan
Perhatikan tabel berikut! No. Makna Surah Al-Ma un Surah Al-Ma un 1) Larangan menghardik anak yatim. Larangan menghardik anak yatim. Ayat 6 2) Larangan berbuat ria. Ayat 2 3) Tidak lalai dalam salat. Ayat 5 4) Memberi makan orang miskin. Memberi makan orang miskin. Ayat 3 No. Makna "Surah Al-Ma un" 1) "Larangan menghardik anak yatim." Ayat 6 2) Larangan berbuat ria. Ayat 2 3) Tidak lalai dalam salat. Ayat 5 4) "Memberi makan orang miskin." Ayat 3 Pasangan yang benar antara makna dan ayat dari tabel pada soal adalah . . . . a. 1) dan 2) b. 1) dan 3) c. 2) dan 4) d. 3) dan 4) 17.) Hasna dan teman-teman sedang dalam perjalanan pulang sekolah. Hasna melihat Nadia memetik bunga milik tetangga. Nadia tidak meminta izin terlebih dahulu. Sebagai anak yang berperilaku peduli terhadap teman Hasna sebaiknya.... a. melaporkan Nadia kepada pemilik bunga b. membantu Nadia memetik bunga yang indah c. mengajak Nadia meminta izin usai memetik bunga d. menasihati Nadia untuk meminta izin terlebih dahulu 18. Perhatikan cerita berikut! Suatu hari Naflah mengalami kesulitan karena tidak dapat melunasi buku dan media pembelajaran. Orang tua Naflah sudah berusaha untuk dapat membayarnya. Akan tetapi, mereka tetap tidak mampu melunasi buku dan media pembelajaran tersebut. Sebagai teman Naflah, Hanum sebaiknya .... a. meminta teman lain membantu Naflah b. menjelaskan kondisi Naflah kepada guru c. meminta orang tua Naflah bekerja lebih giat d. meminjamkan uang kas kelas kepada Naflah 19. Perilaku mengamalkan makna Surah al-Mä'ún [107] ayat 6 terdapat pada pernyataan ... a. Ulwan membantu teman tanpa mengharap imbalan. b. Ikram membantu adik mengerjakan tugas sekolah. c. Naflah mengucap salam saat bertemu dengan guru. d. Hanum tidak mengeluh saat menemukan kesulitan belajar. 20. Amati gambar berikut! Hlustrator: Heru Santosa Pengamalan Surah al-Mā'ūn [107] sesuai gambar adalah .... a. menghormati orang lain b. peduli terhadap sesama c. tepat waktu dalam beribadah d. bersabar dalam menghadapi ujian B. Isilah dengan jawaban yang benar! Kalimat نُو́ú pada Surah al-Mā'ûn [107] ayat 1 berarti .... Surah al-Mã'ūn [107] ayat 3 diawali dengan kalimat .... Salah satu sebab bacaan mad tabili yaitu jika ada huruf hijaiah berharakat dammah bertemu dengan . . . sukun. Dammah tanwin pada lafal termasuk hukum bacaan . . . . Ria dalam beribadah bertentangan dengar perilaku . . . saat beribadah. Diki bersedekah agar dilihat banyak teman Diki telah berperilaku . . . . Ulwan membaca kosakata akhir ayat. Ulwan menemukan bacaan tajwi mad arid lissukun dan . . . .
Solusi
Jawaban
16. a. 1) dan 2) 17. d. menasihati Nadia untuk meminta izin terlebih dahulu 18. b. menjelaskan kondisi Naflah kepada guru 19. a. Ulwan membantu teman tanpa mengharap imbalan. 20. b. peduli terhadap sesama B. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.
Penjelasan
16. Dalam menentukan pasangan yang benar antara makna dan ayat dari Surah Al-Ma'ūn [107], diperlukan pemahaman tentang isi kandungan surah tersebut. Surah Al-Ma'ūn mencakup pelajaran tentang pentingnya menolong orang miskin, menjalankan salat dengan benar, dan tidak menghardik anak yatim. 17. Dalam konteks perilaku sosial dan etika, Hasna sebaiknya menunjukkan perilaku yang mendidik dan konstruktif terhadap Nadia. 18. Dalam situasi Naflah yang kesulitan secara finansial, Hanum sebagai teman sebaiknya menunjukkan empati dan mencari solusi yang membantu tanpa menimbulkan ketergantungan. 19. Mengamalkan makna Surah Al-Ma'ūn ayat 6 berkaitan dengan perilaku sosial yang menunjukkan kepedulian tanpa mengharapkan imbalan. 20. Pengamalan Surah Al-Ma'ūn dalam konteks gambar berkaitan dengan nilai-nilai sosial seperti kepedulian terhadap sesama.B. Bagian ini memerlukan pemahaman tentang isi dan tafsir dari Surah Al-Ma'ūn serta konsep dasar dalam ilmu tajwid.1. Ayat 1 dari Surah al-Ma'ūn menyinggung tentang perilaku orang-orang yang menolak konsep agama sebagai pedoman dalam berbagi dengan orang miskin.2. Ayat 3 secara spesifik menyerukan pentingnya memberi makan kepada orang miskin.3. Mad tabi'i terjadi ketika huruf mad bertemu dengan sukun, mengindikasikan perpanjangan dalam bacaan.4. Dammah tanwin pada lafal i menunjuk pada hukum bacaan tertentu dalam tajwid, seperti nun mati atau tanwin yang bertemu dengan huruf tertentu.5. Ria dalam beribadah mencerminkan perilaku yang bertentangan dengan keikhlasan, yang merupakan nilai penting dalam ibadah.6. Perilaku Diki yang bersedekah agar dilihat orang lain adalah contoh dari ria, yang dalam konteks ini berarti berbuat baik untuk dilihat orang lain.7. Pembacaan mad arid lissukun terjadi ketika ada kesempatan untuk memanjangkan bacaan karena adanya henti (waqaf) pada akhir ayat.