Pertanyaan
Kualitas jasa dapat membanaan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan melalui offensive marketing yang terdiri .... a. pangsa pasar, reputasi, lower price b. reputasi, customer retension, premium price c. pangsa pasar, lower cost, lower price d. lower cost, premium price, pangsa pasar e. lower price, customer retension, premium price
Solusi
Jawaban
e. lower price,customer retension,premium price
Penjelasan
Pertanyaan ini bertanya mengenai kualitas pelayanan dan teknik marketing offensive. Offensive marketing adalah strategi dalam bisnis yang bertujuan untuk menarik pelanggan baru dan meraih pangsa pasar yang lebih besar dengan melakukan serangan, baik secara langsung maupun tidak langsung, terhadap pesaing. Menjaga reputasi baik, menarik pelanggan kembali (customer retention), menyajikan produk/jasa dengan nilai lebih (premium price), dan memberikan penawaran dengan harga yang lebih rendah dari biasanya (lower price) adalah beberapa cara yang dapat digunakan dalam strategi ini. Berkenaan dengan kualitas pelayanan, efisiensi dan efektivitas adalah dua unsur penting. Lower cost adalah hasil dari efisiensi, sementara retensi pelanggan dapat dianggap sebagai efek dari efektivitas. Namun, mendapatkan lebih banyak pelanggan mengharuskan biaya yang lebih rendah (masuk akal jika pesaing mematok harga yang lebih tinggi) dan retensi pelanggan (untuk memastikan pelanggan tetap setia). Di sisi lain, premium price dapat dihubungkan dengan nilai tambah atau nilai unik yang diberikan kepada pelanggan.