Pertanyaan

. Pendekatan keterampilan proses merupakan wawasan pengembangan keterampilan keterampilan ilmiah, sosial dan fisik yang bersumber dari kemampuan kemampuan yang pada prinsipnya telah ada pada diri siswa. Dengan demikian Jelaskan dan buatlah contoh tentang Keterampilan proses sains mengobservasi "!

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.6 (129 Suara)
Om profesional ยท Tutor selama 6 tahun

Jawaban

**Keterampilan proses sains "mengobservasi" melibatkan pengamatan langsung dan tidak langsung, pencatatan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Contoh keterampilan ini dapat dilihat dalam eksperimen mengamati pertumbuhan tanaman, di mana siswa mencatat karakteristik fisik tanaman, mengukur tinggi tanaman, dan menganalisis data untuk menemukan pola pertumbuhan. Dengan demikian, keterampilan mengobservasi membantu siswa memahami dan menganalisis fenomena ilmiah secara sistematis dan objektif.

Penjelasan

**Keterampilan proses sains adalah keterampilan yang digunakan dalam kegiatan ilmiah untuk mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan menarik kesimpulan. Salah satu keterampilan proses sains yang penting adalah "mengobservasi". Mengobservasi adalah kemampuan untuk menggunakan indra untuk mengumpulkan informasi tentang objek atau fenomena secara sistematis dan objektif.Mengobservasi dalam sains melibatkan beberapa langkah, termasuk:1. **Pengamatan Langsung:** Menggunakan panca indera untuk mengamati objek atau fenomena secara langsung.2. **Pengamatan Tidak Langsung:** Menggunakan alat bantu seperti mikroskop, teleskop, atau alat ukur lainnya untuk mengamati objek atau fenomena yang tidak dapat diamati dengan panca indera.3. **Pencatatan Data:** Mencatat data yang diperoleh selama pengamatan dengan jelas dan akurat.4. **Analisis Data:** Menganalisis data yang telah dicatat untuk menemukan pola atau hubungan.5. **Kesimpulan:** Menarik kesimpulan berdasarkan analisis data.**Contoh Keterampilan Proses Sains: Mengobservasi****Situasi:**Sebuah kelas biologi melakukan eksperimen untuk mengamati pertumbuhan tanaman. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati dan mencatat pertumbuhan tanaman selama satu minggu.**Langkah-langkah Mengobservasi:**1. **Pengamatan Langsung:** - Siswa pergi ke kebun sekolah dan mengamati tanaman yang telah ditanam. Mereka mencatat jenis tanaman, kondisi lingkungan, dan karakteristik fisik tanaman seperti tinggi, bentuk daun, dan warna bunga. 2. **Pengamatan Tidak Langsung:** - Siswa menggunakan penggaris untuk mengukur tinggi tanaman setiap hari. Mereka juga menggunakan kamera untuk mengambil foto tanaman dari berbagai sudut agar dapat dianalisis lebih lanjut di kelas.3. **Pencatatan Data:** - Siswa membuat tabel untuk mencatat data yang diperoleh. Tabel tersebut mencakup kolom tanggal, tinggi tanaman (dalam cm), dan catatan tambahan tentang kondisi lingkungan seperti curah hujan, suhu, dan pencahayaan.4. **Analisis Data:** - Setelah satu minggu, siswa mengumpulkan data yang telah dicatat dan membuat grafik pertumbuhan tanaman berdasarkan data tersebut. Mereka menganalisis grafik untuk menemukan pola pertumbuhan, seperti kecepatan pertumbuhan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan.5. **Kesimpulan:** - Berdasarkan analisis data, siswa menarik kesimpulan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Mereka juga membuat prediksi tentang bagaimana tanaman akan tumbuh di masa mendatang berdasarkan kondisi lingkungan yang diamati.**