Pertanyaan
3 square Sebutkan dan jelaskan bentuk -bentuk interaksi pembelajaran melalui komputer
Solusi
Jawaban
da beberapa bentuk interaksi pembelajaran melalui komputer, dan klasifikasinya bisa bervariasi tergantung pada sudut pandang yang digunakan. Namun, secara umum, kita bisa mengelompokkannya menjadi beberapa kategori utama berikut:**1. Interaksi Tutoring System (Sistem Bimbingan):*** **Penjelasan:** Sistem ini mensimulasikan peran seorang tutor manusia. Komputer memberikan instruksi, mengajukan pertanyaan, memberikan umpan balik, dan memandu siswa melalui materi pelajaran. Sistem ini sering menggunakan pendekatan pembelajaran adaptif, menyesuaikan tingkat kesulitan dan materi berdasarkan kinerja siswa.* **Contoh:** Program pembelajaran bahasa asing yang memberikan latihan kosa kata dan tata bahasa, memberikan umpan balik langsung atas jawaban siswa, dan menyesuaikan latihan berdasarkan tingkat pemahaman siswa.**2. Interaksi Drill-and-Practice (Latihan dan Praktik):*** **Penjelasan:** Bentuk interaksi ini berfokus pada pengulangan dan latihan materi pelajaran. Siswa diberikan soal-soal latihan yang harus dikerjakan berulang kali untuk menguasai konsep. Sistem memberikan umpan balik atas jawaban yang benar dan salah.* **Contoh:** Permainan edukatif yang menguji pemahaman siswa tentang perkalian, atau program latihan menulis yang memberikan umpan balik tata bahasa dan ejaan.**3. Interaksi Game-Based Learning (Pembelajaran Berbasis Permainan):*** **Penjelasan:** Pembelajaran ini menggunakan elemen permainan seperti skor, level, tantangan, dan hadiah untuk memotivasi siswa dan membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan. Materi pelajaran terintegrasi ke dalam permainan, sehingga siswa belajar sambil bermain.* **Contoh:** Permainan strategi yang mengajarkan siswa tentang sejarah, atau permainan simulasi yang mengajarkan siswa tentang pengelolaan bisnis.**4. Interaksi Simulation (Simulasi):*** **Penjelasan:** Sistem ini memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan model atau representasi dari suatu sistem atau proses di dunia nyata. Siswa dapat bereksperimen dan mengamati konsekuensi dari tindakan mereka tanpa risiko di dunia nyata.* **Contoh:** Simulasi penerbangan yang memungkinkan siswa untuk belajar menerbangkan pesawat, atau simulasi laboratorium kimia yang memungkinkan siswa untuk melakukan eksperimen tanpa harus berada di laboratorium sungguhan.**5. Interaksi Hypermedia (Hipermedia):*** **Penjelasan:** Hipermedia menggabungkan teks, gambar, audio, dan video yang saling terhubung melalui tautan. Siswa dapat menjelajahi materi pelajaran dengan cara yang non-linear, mengikuti jalur pembelajaran yang sesuai dengan minat dan gaya belajar mereka.* **Contoh:** Ensiklopedia digital, atau situs web pembelajaran yang menyediakan berbagai sumber daya multimedia.**6. Interaksi Collaborative Learning (Pembelajaran Kolaboratif):*** **Penjelasan:** Sistem ini memungkinkan siswa untuk berkolaborasi dan belajar bersama melalui komputer. Siswa dapat berbagi ide, berdiskusi, dan mengerjakan proyek bersama secara online.* **Contoh:** Platform pembelajaran online yang memungkinkan siswa untuk berpartisipasi dalam forum diskusi, mengerjakan proyek kelompok, dan berbagi file.Bentuk-bentuk interaksi ini seringkali dikombinasikan dalam satu sistem pembelajaran berbasis komputer untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih kaya dan efektif. Pilihan bentuk interaksi yang tepat akan bergantung pada tujuan pembelajaran, materi pelajaran, dan karakteristik siswa.
Similar Questions
-
4. Negara Y menerapkan sistem ekonomi komando untuk mengatur kegiatan ekonomi negaranya. Seluruh sumber daya ekonomi yang dimiliki negara tersebut dikuasai dan diatur pemerintah. Dampak positif penerapan sistem ekonomi tersebut terhadap pembangunan ekonomi negara Y adalah.... a. perekonomian negara lebih stabil karena masalah ekonomi berkurang b. penerimaan negara meningkat karena warga negara bebas berinovasi c. pembangunan ekonomi stabil karena negara menganut sistem kekeluargaan d. pendapatan bertambah karena sumber daya ekonomi digunakan secara optimal e. pembangunan ekonomi stabil karena warga negara memiliki kedudukan tertinggi
-
2. Bagaimanakah anda membedakan antara Multimedia dengan Hypermedia, berikan penjelasan anda disertai dengan contoh? [Bobot: 20]
-
Perhatikan tabel berikut ini ! No & multicolumn(1)(|c|)( Prinsip Menggambar Persfektif ) 1 & Titik Pandang (Vanishing Point): 2 & Garis Panduan (Guidelines): 3 & Skala dan Proporsi 4 & Horizon Line (Garis Horison): 5 & Menguasai Teknik Bayangan 6 & Meniru obyek yang digambar 7 & Disesuaikan dengan kenyataan Yang termasuk prinsip prinsip dalam menggambar persfektif adalah A. 1,2,3,4,5 B. 1,2,3,4,6 C. 1,2,3,4,7 D. 1,2,3,5,7
-
Perhatikan gambar berikut! Dalam posisi Lionel Messi dibawah apakah yang yang akan kita lakukan sebagai Messi apabila kita sedang melakukan serangan balik, dan posisi pemain tersebut berada di 1 / 3 lapangan sendiri dan kombinasi teknik yang paling tepat dilakukan adalah ... A. dribble - shooting B. shooting - controling C. passing - shooting D. dribble - passing
-
Perhatikan dan cermati urutan teknik lari jarak menengah berikut! 1) Setelah lepas dari garis start, langkahkan kaki ke depan dengan ayunan paha ke depan, tungkai bawah di tekuk ke belakang atas 2) Kaki belakang menolak sampai lutut lurus 3) Sesaat setelah tahap kedua kaki melayang di udara, salah satu kaki kemudian mendarat dengan ujung telapak kaki terlebih dahulu 4) Diikuti telapak kaki menapak di tanah. Gerakan berikutnya seperti gerakan awal lagi, melangkahkan kaki ke depan seterusnya sama dengan gerakan di atas Urutan gerak spesifik lari jarak menengah tersebut merupakan tahapan.... A. Warming up B. Starting action C. Sprinting action D. Finishing action