Pertanyaan
3 square Sebutkan dan jelaskan bentuk -bentuk interaksi pembelajaran melalui komputer
Solusi
Jawaban
da beberapa bentuk interaksi pembelajaran melalui komputer, dan klasifikasinya bisa bervariasi tergantung pada sudut pandang yang digunakan. Namun, secara umum, kita bisa mengelompokkannya menjadi beberapa kategori utama berikut:**1. Interaksi Tutoring System (Sistem Bimbingan):*** **Penjelasan:** Sistem ini mensimulasikan peran seorang tutor manusia. Komputer memberikan instruksi, mengajukan pertanyaan, memberikan umpan balik, dan memandu siswa melalui materi pelajaran. Sistem ini sering menggunakan pendekatan pembelajaran adaptif, menyesuaikan tingkat kesulitan dan materi berdasarkan kinerja siswa.* **Contoh:** Program pembelajaran bahasa asing yang memberikan latihan kosa kata dan tata bahasa, memberikan umpan balik langsung atas jawaban siswa, dan menyesuaikan latihan berdasarkan tingkat pemahaman siswa.**2. Interaksi Drill-and-Practice (Latihan dan Praktik):*** **Penjelasan:** Bentuk interaksi ini berfokus pada pengulangan dan latihan materi pelajaran. Siswa diberikan soal-soal latihan yang harus dikerjakan berulang kali untuk menguasai konsep. Sistem memberikan umpan balik atas jawaban yang benar dan salah.* **Contoh:** Permainan edukatif yang menguji pemahaman siswa tentang perkalian, atau program latihan menulis yang memberikan umpan balik tata bahasa dan ejaan.**3. Interaksi Game-Based Learning (Pembelajaran Berbasis Permainan):*** **Penjelasan:** Pembelajaran ini menggunakan elemen permainan seperti skor, level, tantangan, dan hadiah untuk memotivasi siswa dan membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan. Materi pelajaran terintegrasi ke dalam permainan, sehingga siswa belajar sambil bermain.* **Contoh:** Permainan strategi yang mengajarkan siswa tentang sejarah, atau permainan simulasi yang mengajarkan siswa tentang pengelolaan bisnis.**4. Interaksi Simulation (Simulasi):*** **Penjelasan:** Sistem ini memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan model atau representasi dari suatu sistem atau proses di dunia nyata. Siswa dapat bereksperimen dan mengamati konsekuensi dari tindakan mereka tanpa risiko di dunia nyata.* **Contoh:** Simulasi penerbangan yang memungkinkan siswa untuk belajar menerbangkan pesawat, atau simulasi laboratorium kimia yang memungkinkan siswa untuk melakukan eksperimen tanpa harus berada di laboratorium sungguhan.**5. Interaksi Hypermedia (Hipermedia):*** **Penjelasan:** Hipermedia menggabungkan teks, gambar, audio, dan video yang saling terhubung melalui tautan. Siswa dapat menjelajahi materi pelajaran dengan cara yang non-linear, mengikuti jalur pembelajaran yang sesuai dengan minat dan gaya belajar mereka.* **Contoh:** Ensiklopedia digital, atau situs web pembelajaran yang menyediakan berbagai sumber daya multimedia.**6. Interaksi Collaborative Learning (Pembelajaran Kolaboratif):*** **Penjelasan:** Sistem ini memungkinkan siswa untuk berkolaborasi dan belajar bersama melalui komputer. Siswa dapat berbagi ide, berdiskusi, dan mengerjakan proyek bersama secara online.* **Contoh:** Platform pembelajaran online yang memungkinkan siswa untuk berpartisipasi dalam forum diskusi, mengerjakan proyek kelompok, dan berbagi file.Bentuk-bentuk interaksi ini seringkali dikombinasikan dalam satu sistem pembelajaran berbasis komputer untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih kaya dan efektif. Pilihan bentuk interaksi yang tepat akan bergantung pada tujuan pembelajaran, materi pelajaran, dan karakteristik siswa.